Obyek Wisata Sekitar Gunung Bromo

       
Gunung Bromo, gunung api berketinggian 2.392 meter ini adalah gunung yang masih aktif dan di kelilingi lautan pasir seluas  sepuluh meter kilometer persegi. Gunung ini telah meletus beberapa kali, yang terakhir terjadi pada bulan November tahun 2010 sampai bulan Januari 2011. Letak Gunung Bromo berada di Provinsi Jawa Timur dan berada dalam empat wilayah pemerintahan  yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang.
Gunung Bromo merupakan tempat yang selalu ramai menjadi tujuan wisata, baik wisatawan domestik maupun wisatawan manca negara, karena Gunung ini punya nilai keindahan alam yang sangat mempesona, salah satunya adalah laut pasir yang sangat luas, udaranya yang sangat segar dan dingin. Suhu udara di puncak Gunung Bromo antara 2 º C sampai 20 º C.
Keindahan Gunung Bromo udah tidak di ragukan lagi, mengingat jumlah pengunjung ratusan samapi ribuan pada tiapa harinya menunjukka kalau gunung ini memanlah cantik dan sangat indah. Tidak mengherankan jikalau Wisata Bromo di nobatkan menjadi salah satu gunung yang terbaik di dunia. Artikel kali ini akan sedikit membahas tentang obyek dan tempat wisata bromo dan sekitarnya yang bisa menjadi tujuan wisata ketika liburan ke Bromo;


1 AIR TERJUN MANDAKARIPURA

 Air terjun Mandakaripura terletak didalam lokasi Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru yang menawarkan keindahan panorama yang  menakjubkan. Lokasi air terjun Madakaripura tidak terlampau jauh dari lokasi obyek wisata Gunung Bromo, yaitu di desa sapih, kec Lumbang Kapupaten Probolinggo. Lokasi air terjun menawan ini tersembunyi di ujung lembah yang dalam di kaki bukit pegunungan Tengger. Anda butuh jalan sekira 20 menit menyeberangi sungai serta jalur berbatu untuk mencapai lokasi air terjun.

Walau cukup jauh, suguhan panorama yang hijau indah di kanan dan kiri jalur menuju  air terjun adalah hiburan tersendiri yang bisa melenyapkan rasa capek. Patung Besar Patih Majapahit, Gajah Mada didalam posisi duduk meditasi seakan menyapa tiap-tiap pengunjung sebelum meneruskan perjalanan lebih jauh ke pusat lokasi air terjun.
Air Terjun Mandakaripura adalah wisata air terjun yang masih alami, dikelilingi dengan tebing-tebing yang tinggi yang menjulang penuh lumut. Selain tetesan air dr atas tebing ada juga tiga air yang terjun yang cukup besar.

2 SAVANA BUKIT TELETUBBIES

Yang disebut dengan bukit Teletubbies ini sebenar nya adalah padang savanna yang dikelilingi oleh deretan perbukitan. di namakan bukit teletubbies karena savana ini mirip dengan bukit yang terdapat dalam filem teletubbies,  Disebuah lokasi yang sangat cantik, Di tengah padang savanna, dengan berpagar barisan bukit hijau, berpayung langit biru anda akan menikmati pemandangan terindah ini…it's amazing.
Sebuah suguhan pemandangan yang sangat sempurna, boleh saya akui Gunung Bromo  memiliki pesona  alam yang sangat lengkap, mulai dari pemandangan cantik matahari terbit, deretan megah kawah bromo, lautan padang pasir dan terakhir hamparan rumput di padang savanna ini.  Eksotisme Gunung Bromo memang teramat sulit di lupakan, ke aneka ragaman alam dan kearifan lokal di sisi Gunung Bromo sangat membanggakan dan membuat tenang rasa, apabila telah berada di sana dan menikmati  pagi di tengah alam tengger. Bentuk Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi. Setelah turunan terjal kita di sambut savana yang di penuhi bunga. Hamparan rumput liar berwarna kuning ke emasan menari indah tertiup angin memanjakan mata kita.


 3 PUNCAK MENTIGEN


Mentigen adalah sebuah Puncak Bukit yang memiliki Ketinggian 2.273 dpl atau disebut juga Pananjakan 3,di ketinggian tersebut dari Puncaknya kita dapat menikmati Keindahan Matahari Terbit  ( Sunrise )dan  Hamparan Lautan Pasir, Bukit Teletabies,Gunung Bromo,Gunung Batok, Bukit Pananjakan 1 dan 2, juga Puncak Gunung Semeru ( Mahameru ) yang sangat Exotis. Perjalanan Wisatawan  Mentigen diawali dari Bus Pariwisata di Restoran/Hotel/Lokasi Transit di Probolinggo yang telah ditentukan. Brifing sejenak dari Lokal guide kami dan dilanjutkan dengan menggunakan transportasi Lokal menuju Cemoro Lawang menuju View Point / Puncak Mentigen yang berjarak 300 M dapat berjalan kaki atau naik Ojek. Setiba di Puncak Mentigen Anda dapat menikmati Keindahan Alam sekitar dan Keindahan Matahari Terbit ( Sunrise ).Setelah itu dilanjutkan turun ke Lautan Pasir Bromo dengan menggunakan Jeep ,dan menuju Puncak Kawah Bromo yang memiliki Ketinggian 2.329 dpl dengan berjalan kaki/naik Kuda. Setelah puas menikmati Keindahan Kawah Bromo dilanjutkan kembali ke Jeep untuk menuju Shuttle Lokal dan langsung kembali ke Restoran/Hotel/Lokasi Transit dengan menggunakan Shuttle Lokal. Tiba di Lokasi Transit bersih diri, sarapan pagi dan persiapan melanjutkan perjalanan menuju Obyek Wisata selanjutnya / kembali ke Kota Tercinta dengan membawa sejuta kenangan Manis nan Indah bersama.


4 DANAU RANU

Danau Ranu Darungan,adalah sebuah danau yang berada di Kawasan Hutan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur. Sebuah danau yang memiliki keunikan sendiri. Danau yang bisa kering dan berair kapan saja dia mau. Kerap kali membuat bingung orang yang berada disekitarnya, kerap kali membuat bingung orang yang memperhatikannya. Hal ini membuat orang yang memberikan perhatian khusus tersebut tak mengeluh dan menyerah untuk mencari jalan keluar atas persoalan.
Fenomena yang terjadi adalah, air Danau Ranu ini justru kerap mengering dan berkurang ketika musim penghujan dan justru melimpah airnya ketika musim kering tiba. Belum ada penelitian yang lebih lanjut mengenai fenomena yang terjadi pada Danau Ranu. Hanya berdasarkan cerita penduduk setempat yang mengatakan bahwa fenomena air dari Ranu Darungan ini terjadi dan dipengaruhi oleh sebuah sungai yang mengalir dibawah permukaan tanah, sehingga, ketika sungai tersebut meluap maka akan mengairi Ranu Darungan dan biasanya justru terjadi pada saat musim kering melanda daerah tersebut. Danau Ranu Darungan merupakan salah satu Ranu yang berada di dalam kawasan pengelolaan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, SPTN Pronojiwo, RPTN Ranu Darungan.


5 SUMUR PITU (TUJUH SUMUR)
 
 Sumur pitu yaitu tempat petirtaan atau pemandian kuno yang terdiri dari tujuh buah sumur. Lokasi dari tujuh sumur ini merupakan sebuah hutan yang ditumbuhi oleh pepohonan besar. Seperti beringin,sehingga suasana sangat asri tapi berkesan singup dan seram.sumur ini merupakan peninggalan klasik dari jaman hindu. Secara geologi terbentuk dari letusan lahar gunung kursi. Sanyangnya obyek wisata ini belum terlalu terkenal di kalangan wisatawan.. 
Previous
Next Post »
Thanks for your comment