Panorama Alam Pantai Awang, - Lombok Tengah



Memancing adalah salah satu hobi yang mengasyikkan. Menghabiskan waktu menunggu umpan disambar ikan plus menikmati keindahan alam yang menakjubkan. Nah, Anda bisa menyalurkan hobi memancing di Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Datanglah ke Teluk Awang di Lombok Tengah, Di lokasi ini sebenarnya telah dibangun sebuah Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) sejak tahun 2005 lalu.


Namun hingga kini proyek tersebut belum selesai karena kekurangan dana. Beberapa fasilitas pelabuhan yang sudah dibangun adalah pintu gerbang, bangunan rumah, tempat pengisian bahan bakar dan dermaga kapal. Vakumnya kegiatan pembangunan pelabuhan lantas dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai tempat memancing.



Lokasi Teluk Awang berada dalam satu kawasan dengan Teluk Ekas, yakni teluk terbesar di Lombok. Jika Teluk Ekas berada di wilayah Lombok Timur, Teluk Awang masuk wilayah Lombok Tengah. Namun demikian secara umum teluk ini memang sangat terkenal dengan hasil lautnya. Di teluk ini hidup ikan dari berbagai jenis dan ukuran, sangat cocok untuk mereka yang hobi memancing. Mayoritas penduduk di sekitar teluk pun bekerja sebagai petani rumput laut, udang dan lobster.


Tak heran jika di perairan Teluk Awang ada puluhan keramba milik nelayan dan beberapa perahu yang berjajar rapi. Sebelah kanan teluk dihiasi pohon bakau sedangkan di sebelah kiri ada hamparan pantai berpasir putih. Saat mata memandang jauh ke depan, itulah Teluk Ekas yang terletak di Jerowaru. Sembari memancing, Anda bisa menikmati view Teluk Awang yang indah dan damai. Anginnya bertiup lembut, membuat siapapun betah untuk berlama-lama memancing di lokasi ini.



Lokasi Teluk Awang sendiri berada di balik bukit. Sekitar 500 meter sebelum lokasi teluk, kita bisa melihat panorama teluk Awang dari ketinggian bukit ini. Pemandangan cukup indah dengan hamparan air laut yang biru serta bangunan pelabuhan ikan yang sebenarnya cukup megah. Jika tertarik liburan dan memancing di Teluk Awang, Anda tak perlu khawatir, karena akses menuju tempat ini cukup baik. Jalur darat sampai Pantai Kuta sudah bagus, beraspal lebar dan halus.

 

 Namun jalur dari Kuta ke timur masih dalam proses pengerjaan aspal. Berada di 15 km timur Pantai Kuta, Teluk Awang masuk di wilayah desa Awang, Kecamatan Pujut. Dari kota Mataram, Teluk Awang berjarak sekitar 70 Km dengan rute Mataram – Praya – Pujut – Awang. Oya, Anda sebaiknya menyewa mobil untuk menuju Teluk Awang agar memudahkan Anda selama memancing dan mengunjungi destinasi wisata lainnya di Lombok.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment