Wisata Alam Kawah Sileri- Dieng- Kab. Dieng

Dataran tinggi Dieng menyimpan segudang wisata alam, mulai dari Telaga Warna, Kompleks Candi-candi beraliran siwa, Sunrise dan kawah-kawah. Selain Kawah Sikidang, masih ada puluhan kawah lainya di kawasan dataran tinggi ini, salah satunya adalah kawah sileri.



Kawah Sileri merupakankawah terluas dibanding dengan kawah -kawah lain seperti kawah Sikidang, Condrodimuko dan kawah sikendang, lokasinya berada di gugusan gunung pagerkandang, kawah ini pernah dilaporkan aktif pada tahun 1944, 1964, 1984,2003,dan 2009 akan tetapi saat ini kawah sileriini sangat aman dikunjungi.



Terletak di desa Kepakisan Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara, jaraknya sekitar 7 km dari poros Dieng, diatas kawah sileri ini juga terdapat obyek wisata lain yang sangat eksotis yaitu air terjun sirawe dan pemandian air panas didusun Bitingan.



kawah Sileri menawarkan pemandangan alam yang hangat karena uapnya selalu muncul dari air yang mengenangi kawah, air ini kemudian mengalir ke kali kecil yang ada disebelahnya, nama sileri ini berasal dari bahasa jawa yaitu Leri, Leri merupakan air bekas cucian beras yang berwarna agak hitam kecoklatan, karena air dari kawah dan yang megalir ini berwarna sam adengan leri tersebut maka kawah terluas ini diberi nama Sileri.



pemandangan terbaik adalah waktu pagi hari dimana uap dari air ini seperti masih menempel dipermukaan air, kemudian kalau ditunggu sampai beberapa saat uap air ini akan mulai terangkat dan terpisah dari permukaan air,pemadangan cukup langka dapat kita temui disini,kondisi pserti ini bisa jadi karena pengaruh sinar matahari yang menyinari kawasan kawah ini.



Untuk datang ke lokasi ini memang membutuhkan armada yang jarak sumbunya dengan dengan tanah agak tinggi, mengingat jalan ke lokasi mengalami kerusakan yang lumayan, setelahsampai dilokasi kendaraan dapat diparkir sisekitar kawah dan dilanjutkan dengan jalan kaki sekiatar 200 meter,jalan setapak menuju kawah ini sudah sukup bagus dibangun dengan beton dan pemandangan disekitarnya juga cukup sejuk dikelilingi lahan pertanian dan hutan gunung pager kandang.



Lokasi kawah sileri lebih tepat digunakan untuk kegiatan off road menggunakan kendaraan khusus, seperti ATV, Jeep dan trail dan kalau mau dilanjutkan dapat juga menempuh jalan rusak tadi sampai ke Bitingan, kemudian menuju air terjun sirawe yang masih perawan, pemandangan disekitar jalan sangat indah dan cukup menantang untuk aktivitas adventure.



Previous
Next Post »
Thanks for your comment