Wisata Alam Pantai Karang PandanKab. Cilacap

Berjalan kaki sekitar setengah jam dari Benteng Karang Bolong, tiba di Pantai Karang Pandan. Pantai Karang Pandan tidak lebih buruk dari pada Pantai Teluk Penyu. Indah pantai Cantik berpasir putih dengan pemandangan ke laut. Tapi hati-hati diperlukan saat bermain di pantai ini, Relatif besar dan penuh karang besar.




Orang-orang telah mengunjungi pantai ini pada hari hari Kamis Wage atau sehari menjelang pelaksanaan Sedekah Laut (Larungan Sesaji) untuk ziarah, Sebuah tempat ziarah, karena ada beberapa tempatseperti yang dianggap sakral.



Pantai Karang Pandan banyak sekali dikunjungi wisatawan pada hari Kamis Wage atau pada hari akan menjelang pelaksanaan sesaji Sedekah Laut (Larungan Sesaji) untuk ziarah leluhur, tempat ini dijadikan ziarah dengan alasan di pantai ini terdapat banyak tempat yang dianggap sangat keramat sehingga mereka berkunjung akan lebih banyak mendapatkan berkah, tempat keramat ini diantaranya : Kali Lanang (yang diambil airnya) terletak pada bagian timur naik sedikit dari pantai, Batu Meja (Batu Balai) pada segumpal batu-batu karang yang besar yang dapat digunakan sebagai tempat untuk sesaji upacara, berfungsi untuk sebagai tempat pergelaran serta singgasana yang bagus.



Untuk menuju ke pantai Karang Pandan ini haruslah menggunakan perahu kecil selama 90 menit atau berjalan kaki dari tempat Benteng Karang Bolong Nusakambangan yang jaraknya kurang lebih 75 menit. Peziarah pada biasanya banyak membawa sesaji yang berupa Jajanan Pasar, Buah–buahan, menyan, Kembang Telon, Kinang, Daun Dadapsrep, Kelapa Muda serta banyak beberapa pusaka yang lainnya. Pada semua sesaji ini akan dikumpulkan di atas batu meja, setelah sesaji suah siap maka pemimpin atau sesepuh Nelayan akan memimpin doa.



Oleh karena itu tempat wisata Pantai Karang Pandan ini cocok untuk keluarga dengan keadaan yang tenang dan sejuk dengan angin yang sangat menyentuh hati.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment