Keindahan Alam yang Memukau di Taman Nasional Manusela, P. seram

Wisata Taman Nasional Manusela Maluku merupakan salah satu taman nasional yang sangat populer di Indonesia, letaknya tepat di Pulau Seram, Maluku.



Taman Nasional ini sengaja di bangun oleh pemerintah Indonesia, sebagai cagar alam, atau perlindungan terhadap beberapa ekosistem yang berada di daerah sana. Disini terdapat berbagai macam jenis ekosistem juga beragam jenis tumbuhan, Vegetasi, Fauna langka termasuk burung-burung langka.



Dari jenis ekosistem, ada Ekosistem Pantai, Ekosistem Hutan Hujan Pegunungan, juga Hutan Hujan Rendah. Sedangkan untuk Tipe Vegetasi nya ada Hutan Bakau (mangrove), Hutan Hujan Tropika, Hutan Sub Alpin, Hutan Pegunungan, Hutan Rawa, Pantai, tebing Sungai, dan Hutan Hujan Tropika Pamah.



Sedangkan untuk jenus Flora nya, ada tancang (Bruguiera sexangula), bakau (Rhizophora acuminata), api-api (Avicennia sp.), kapur (Dryobalanops sp.), pulai (Alstonia scholaris), ketapang (Terminalia catappa), pandan (Pandanus sp.), meranti (Shorea selanica), benuang (Octomeles sumatrana), matoa/kasai (Pometia pinnata), kayu putih (Melaleuca leucadendron), berbagai jenis anggrek, dan pakis endemik (Chintea binaya).



Bukan hanya kaya akan jenis Flora, Taman Nasional Manusela ini juga terkenal dengan jenis-jenis burung yang melimpah, total ada 117 Spesies Burung di Taman Nasional ini, dan 14 diantara nya bertipe Endemik.



Nah, diantara burung-burung tersebut, ada namanya Burung Kakak Tua Seram yang merupakan Burung langka dan dilindungi, sayangnya burung ini terancam punah akibat kerap adanya perburuan liar. Satwa selain burung juga banyak disini, seperti Soa-Soa, Kuskus, Penyu Hijau, Kadal Panama, Luwak, dan satwa liar lainnya juga beragam jenis kupu kupu.



Wisata Taman Nasional Manusela ini juga ditengarai oleh beberapa tebing yang cukup tinggi, sehingga menambah pemandangan alam bagi pengunjung.



Selain itu, di bawah tebing-tebing yang tinggi tersebut terlihat keindahan laut yang memiliki tingkat kejernihan air yang tinggi, sehingga karang dan ikan yang melintas akan terlihat dari atas. Tak hanya itu, Warga di sekitar Taman Nasional Manusela ini juga percaya bahwa Dewa mereka mengirim tebing-tebing tersebut sebagai perlindungan bencana dari laut.

 

Nah, bagi kamu yang ingin berkunjung ke Taman Nasional Manusela ini, kamu bisa langsung menuju ke pulau Seram yang ada di Maluku ini.



Disini kamu tidak hanya menikmati keindahan alam saja, tetapi juga keindahan fauna yang di lindungi, juga kesenian dan adat istiadat masyarakat sekitar Manusela ini. Tiap tahun nya ada saja wisatawan Lokal dan asing yang mengunjungi Wisata Taman Nasional Manusela ini.













Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
12 Mei 2015 22.12 ×

Admin izin berbagi ya

Selamat rizki pelupessy dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin
Thanks for your comment