Cantiknya Pemandangan di Pulau Gili Lampu, Lombok Timur

Gili Lampu adalah sebuah destinasi wisata yang cukup populer di Pulau Lombok. Wisasta ini terletak di Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Gili Lampu berasal dari kata “Gili” yang berarti Pulau dan dan “Lampu” yang bisa memiliki arti sebagai penerang. Mungkin banyak orang berfikir Gili Lampu merupakan pulau yang terang karena banyak lampu.



Akan tetapi kenyataannya tidaklah begitu karena Gili ini sebenarnya merupakan sebuah pulau yang kecil dimana terdapat sebuah mercusuar tanda penerang atau rambu-rambu lalu lintas laut dan sebagai hilir mudik pelayaran disekitar pulau Gili. Menurut keterangan para tokoh masyarakat yang ada di Sambelia. Bahwa mercusuar itu sudah ada sejak zaman penjajahan Jepang, dan hinga saat ini kondisinya pun masih berfungsi dengan baik. Pada saat malam hari, cahaya lampu mercusuar ini tidak hanya terlihat dari dekat saja tetapi juga masih terlihat di depan Kantor Kecamatan Sambelia yang lokasinya cukup jauh.



Secara administratif Gili ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Sambelia yang posisinya terletak 2 km dari Dusun Transed Desa Labuhan Pandan. Di Pulau ini terdapat beberapa gugusan karang karena tumbuhan yang dapat tumbuh disekitar ini hanya tumbuhan bakau. Di sebelah Timur Gili ini berbatasan dengan Selat Alas, kemudian di sebelah Utara Gili Lampu terdapat Gili Pategan yang berukuran sedikit lebih besar dari Gili Lampu, dan di sebelah selatan terdapat beberapa gugusan pulau kecil yang diberi nama Gili Lebur oleh penduduk di pulau gili.



Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa sebelumnya pulau-pulau ini merupakan satu kesatuan, namun mungkin karena akibat dari permukaan laut yang naik dan akibat air pasang. Menyebabkan gugusan-gugusan pulau ini seolah terpisah satu dengan yang lainnya.



Para wisatawan yang berkunjung di Gili ini dapat berenang dan mandi di pantai dengan nyaman. Bahkan para wisatawan mancanegara datang untuk menikmati Sunrise dan Sunset yang terlihat di Gili Lampu. Kalau di Bali menpunyai pariwisata Sanur dan Kuta untuk melihat Sunset dan Sunrise, maka pariwisasta di Lombok mememiliki Gili Lampu dan Pantai Senggigi yang juga memiliki pemandangan Sunset dan Sunrise yang tak kalah mempesona.



Walaupun untuk fasilitas pendukung jauh dari kata seimbang, akan tetapi bagaimanapun inisiatif yang dilakukan para pemuda dan para marsyarakat di Dusun Transad patut mendapat apresiasi. Karena telah mengemas budaya dan produk lokak yang ada disana sehingga meningkatkan pesona dan dya tarik bagi para wisatawan yang ingin berkunjung Gili Lampu ini.



Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
23 Januari 2017 05.02 ×

itu foto di dekat sampan apa foto mbak penulis?

tempatnya sangat indah ya..
pasti bahagia bisa kesana langsung..

Selamat Bang Nasti dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin
Thanks for your comment