Obyek Wisata Sejarah Benteng Victoria - Ambon

Benteng Victoria terletak di Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Provinsi Maluku. Karena terletak tepat di tengah kota, maka wisatawan dapat langsung jalan kaki ke arah timur sejauh 300 meter dari Terminal Mardika menuju Benteng Victoria.



Benteng tertua di Ambon ini dibangun oleh Portugis pada tahun 1775, yang selanjutnya diambil alih oleh Belanda. Dahulu, Benteng ini digunakan sebagai tempat pertahanan dari berbagai serangan masyarakat pribumi yang melakukan perlawanan terhadap Penjajah.



Dan, tepat di depan benteng inilah pahlawan nasional Pattimura digantung, yaitu pada tanggal 6 Desember 1817.Di dalam benteng dapat ditemui sisa-sisa meriam berukuran raksasa. Di beberapa kamar terdapat patung berukir terbuat dari kayu pilihan, peta perkembangan kota Ambon dari abad XVII hingga abad IX, dan beberapa koleksi lukisan para administratur Belanda di Maluku. Dengan melihat peninggalan ini pengunjung dapat merekam sejarah lahir dan berkembangnya kota Ambon.



Di depan benteng terdapat kafe-kafe tenda yang menjual berbagai makanan ringan khas Ambon yang bisa dijadikan buah tangan oleh wisatawan yang berkunjung ke Benteng Victoria. Sedangkan ruas jalan di sisi depan benteng atau yang disebut “Boulevard Victoria” menghubungkan langsung ke bibir Pantai Honipopu. Tepat di depan benteng, dapat langsung menyaksikan Teluk Ambon, pemandangan indah tersaji ketika senja datang, wisatawan bisa menyaksikan sunset yang sangat indah.



Previous
Next Post »
Thanks for your comment