Obyek Wisata Sejarah Museum Soesilo Soedarman- Kab. Cilacap

Museum Soesilo Soedarman belum banyak di ketahui oleh wisatawan, Lokasinya di Desa Gentasari, Kec. Kroya, Kab. Cilacap, Jawa Tengah, sekitar 45 Km dari Kroya, dan 200 meter dari SMA N 2 Kroya. Museum ini seperti museum milik keluarga Soesilo Soedarman, sangat terawat dan dikelola dengan baik.



Luas area Museum 1,5 Ha, Museum diresmikan pada 3 September 2007 oleh menteri Kebudayaan Pariwisata Jero Wacik. Museum ini merupakan bangunan terbuka dengan halaman luas berisi pesawat dan tangker, kemudian bangunan museum sangat sederhana dengan gaya arsitektur rumah adat Jawa Tengah (Joglo) dan ukiran kayu-kayu tangguh sebagai penyangga.

 



Soesilo Soedarman merupakan Jendral TNI yang pada masa hidupnya sangat berjasa terhadap Indonesia, mulai dari TNI, Dubes, Mentri-menti pada masa orde baru, dan jabatan terakhir sebelum beliau wafat adalah Menko Polkam pada kabinet pembangunan VI, (berarti presidennya masih Pak Soeharto yah). Karena jasa-jasanya di bidang ketahanan dan politik maka di buatlah sebuah museum di Desa kelahirannya yaitu Desa Gentasari.

 
Museum Soesilo Soedarman menyimpan ratusan koleksi kepunyaan dari Jendral TNI (Purn) Soesilo Soedarman yang wafat pada 18 Desember 1997. Koleksinya barang milik Jendral ini mulai dari menjadi Taruna (1948) sampai akhir hayatnya, meliputi: Foto-foto pertemuan, foto masa kerjanya, patung, sertifikat penghargaan, pakaian dinas TNI, Dubes, KTP, SIM, Medali, Karikatur, artikel, buku, foto keluarga, dan ada sapu tangan yang berisi tali pusat juga.

 

Museum ini banyak dikunjungi oleh warga sekitar saja, oleh pelajar dan lebih sering untuk kegiatan rekreasai pendidikan dan sejarah. Area 1,5 ha itu meliputi: halaman depan, museum, taman bermain, kolam pancing, kantin dan kolam renang.

 

Wisata sambil mengenal pahlawan, itu biasanya jadi tujuan Study Tour,hehe. Tapi tempat ini sangat kurang sekali pengunjung, atau saya datang kurang tepat, bukan hari libur. Tempatnya di desa, sangat enjoy untuk bersantai ria bersama keluarga. Dan harga tiketnya sangat murah untuk orang dewasa Rp. 1,000 dan untuk anak2/pelajar hanya Rp. 500 saja,,..

 





Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
27 Oktober 2016 03.41 ×

perlu banget nih buat wisata sama keluarga


Belum pernah liburan ke Dataran Tinggi Dieng ? yuk lihat paketnya di website kami Paket Wisata Dieng

Selamat Wisata Dieng dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin
Thanks for your comment