BERWISATA KE PAPUA

Papua merupakan propinsi terbesar dan paling timur di indonesia, yang memiliki hutan -hutan yang masih alami dan puncak gunung bersalju menjulang tinggi di danau Glasial. Papua juga memiliki tanah dan alam yang mengagumkan, pemandangan pantai,  padang rumput yang sejuk, dan sungai -sungai yang mengukir jurang melalui hutan yang lebat.
kata Papua berasal dari bahasa melanyu yang berarti rambut keriting,,,mengacu pada fisik suku-suku asli papua. berikut tempat- tempat wisata alam di papaua


1 DANAU SENTANI

 

Danau sentani berada di bawah lereng pegunungan cagar alam Cycloops yang memiliki luas 245.000 hektar
Danau ini memiliki luas sekitar 9.360 hektar, berada di ketinggian 75 mdpl,  merupakan danau terbesar di papua dan Danau ini juga memiliki 21 pulau -pulau kecil yang menghiasi danau yang indah ini.
Danau sentani merupakan obyek wisata andalan papua karena berjarak 50 km dari jayapura sehingga sangatlah mudah untuk menjangkaunya. Di danau ini juga di adakan festifal danau sentani yang di lakukan setahun sekali (pertengahan bulan juni) untuk menarik wisatawan.
Para wisatawan juga bisa menyewa perahu untuk berputar-putar mengelilingi danau sentani sembil menikmati pemandangan alam yang begitu indah dan menawan.


2 RAJA AMPAT





Raja Ampat mempunyai arti yang berarti Empat Raja adalah nama untuk pulau - pulau ini. empat pulau utama ialah, pulau Waigeo,pulau Salawati,pulau Batanta, dan pulau Misool yang merupakan penghasil lukisan batu. Tempat ini merupakan surga bawah laut dan di beri gelar rumahnya terumbu karang di dunia, sebab di Raja Ampat memiliki 75% jenis -jenis terumbu karang yang ada di seluruh dunia.
Pemandangan laut yang menakjubkan di  bawah lautnya akan memberi isarat kepada anda bahwa kegiatan menyelam adalah hal yang tidak boleh di lewatkan, untuk melihat pemandangan yang teramat indah.
Raja Ampat merupakan fenonema alam yang menawan dengan keanekaragaman hayati yang melimpah, ada 1.320 spesies ikan di Raja Ampat , 75% seluruh spesies karang yang ada di dunia,  10 kali lipat jumlah spesies karang yang di temukan di karibia, terdapat 600 spesies karang yang tercatat , 5 spesies penyu laut langka, 57 spesies udang mantis, 13 spesies mamalia laut, dan 27 spesies ikan yang hanya dapat di temui di sini


3 PUNCAK JAYA WIJAYA



 Gunung Jaya Wijaya papua merupakan salah satu puncak gunung bersalju di indonesia yang ada di perlintasan garis khatulistiwa. kandungan es di pegunungan ini di perkirakan sekitar 5% adalah cadangan es  dunia yang berada di luar Benua Afrika, namun akibat pemanasan global dari tahun ke tahun jumlahnya kian menyusut.
Di puncak  pegunungan jaya wijaya atau pegunungan sudirman ( sudirman range) merupakan gunung tertinggi di indonesia ini terhampar salju di puncaknya, dengan ketinggian 4.884 dapl. keindahan puncak jaya wijaya atau yang lebih dirkenal oleh para pendaki sebagai Piramida Carstenz, terdaftar sebagai satu dari tujuh puncak benua (seven summit) yang sangat fenonemal dan menjadi incaran para pendaki dari berbagai penjuru dunia. Meskipun di negara beriklim tropis dan di lalui garis khatulistiwa namun puncak jaya wijaya ini selalau di selimuti salju tebal.


4 ARKEOLOG PAPUA



 Penemuan lukisan-lukisan prasejarah di dinding atau tebing beberapa gua di papua sangatlah mengagumkan.
Salah satu  wisata di papua adalah arkeolog , papua memang sering dikatakan sebagai surganya tempat wisata karena selain memiliki objek wisata alam papua juga memiliki objek wisata Peninggalan arkeologi, arkeolog di wilayah Papua berasal dari jaman prasejarah di era Mesolitikum dimana berburu dan meramu adalah aktivitas utama manusia. Peninggalan arkeologi dari jaman ini misalnya Grotto Dudumunir Pulau Araguni, Kecamatan Fakfak, Papua Barat. Di tempat ini juga ditemukan artefak-artefak berupa alat pengeruk dan mata panah.

Relik dari era yang sama juga ditemukan dalam bentuk lukisan di atas dinding gua dan batu seperti di Bukit Tutari, Kecamatan Doyo Lama, Jayapura, Papua. Relik arkeologi yang tersebar di hampir semua area Papua dapat dimanfaatkan sebagai aset yang cukup potensial. Keberagaman ini dapat dijadikan sebagai nilai plus dalam pariwisata wilayah Papua.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment