BERWISATA KE LOMBOK

 Pulau lombok merupakan kepulauan yang berada di Nusa Tenggara Barat, dengan ibu kota mataram. pulau ini berbentuk mirip dengan huruf Q, dengan luas sekitar 5.435km. Saat ini pulau lombok merupakan salah satu obyek wisata yang sedang naik daun di indonesia baik di kalangan wisatawan dalam negri maupun luar negeri. Banyaknya pemandangan alam yang menakjubkan di pulau ini membuat para wisatawan merasakan senang datang ke pulau lombok ini. berikut tempat yang di jadikan obyek wisata di pulau lombok;

 
GUNUNG RINJANI


 



 Gunung rinjani merupakan gunung tertinggi no.2 di indonesia, dengan ketinggian 3726 m di atas permukaan laut. gunung ini menyimpan sejuta pesona dan memiliki potensi geowisata yang menarik dan hampir sempurna Di antara daya tarik gunung rinjani ialah; panorama kalderta,danau,puncak,kawah,air terjun,goa,mata air panas,lubang letupan dan aliran lava baru.
Hal yang paling menarik untuk di jumpai di gunung rinjani  adalah; segara anak (laut anakan) yang terbentuk alami dari letusan gunung rinjani. Laut anakan ini terletak di ketinggiaan  2.800 m, dan terdapat berbakai jenis ikan hidup di sini.


 2 AIR TERJUN SENDANG GILE



 Air terjun sendang gile ini merupakaan air terjun yang muncul dari atas tebing dengan ketinggian kurang lebih 32 meter, bagian atas hanya satu jalur air, dan bagiaan bawah terdapat beberapa pancaran jalur air.
Konon, ceritanya menurut kepercayaan penduduk setempat, air yang ada di lokasi ini mempunyai unsur magis, airnya dapat membuat orang lebih muda.
Asal mula di temukannya air terjun ini terjadi karena ketidak sengajaan, waktu itu penduduk sekitar sedang memburu singa gila (senggang gile)  yang meresahkan warga  ke kaki gunung rinjani,, namun pelafalan senggang lama kelamaan menjadi sendang gila hingga sekarang lebih terkenal dengan sebutan sendang gila


 3 PULAU GILI

 



 

Pulau gili merupakan pulau kecil-kecil yang mempunyai keindahan yang menakjubkan, selain pantainya yang bersih, dan airnya jernih. kita juga bisa melihat ikan dan terumbu karang tanpa harus menyelam.
Di sini kita juga bisa berjemur di atas pasir putih di bibir pantai dengan nyaman tanpa ada yang mengganggu.
Pulau gili terbagi menjadi 9 yaitu; gili trawangan, gili meno, gili air, gili asahan, gili kondo, gili tangkong, gili sunut, gili nanggu dan gili kedis. dari ke 9 gili baru 3 gili yang sering di kunjungi wisatawa, di antaranya gili air, gili meno, dan gili trawangan.Di sekitar ke3 pulau gili tersebut sangat terkenal mepunyai taman laut yang begitu indah menjadi habitat berbagai jenis ikan.


4 TAMAN NARDAMA






  Taman narmada di bangun oleh raja anak agung gde ngurah karang asem, sekitar tahun 1727 M, dulu tempat ini di jadikan sebagai tempat khusus pemujaan dewa shiwa dan tempat peristirahatan para raja.
Mata air taman narmada konon ceritanya berasal dari gunung rinjani dan sangat di percayai bisa bikin awet muda, taman ini di bangun dengan luas 2hektar.
Di dalam taman narmada juga terdapat pura yaitu pura kalasa,dan sampai sekarang pura tersebut masih di gunakan untuk melaksanakan upacara pujawali bagi orang hindu.


 5  PANTAI KUTA LOMBOK

 



 Pantai kuta lombok berada di desa kuta, lombok tengah, sekitar 56 km dari kota mataram. selain ke indahan pantainya, tempat ini juga di gunakan untuk festifal tahunan (februari dan maret) yaitu; Upacara Bau Nyale. upacara ini di lakukun oleh suku asli lombok (suku sasak) lalu di lanjutkan prosesi penangkapan cacing Nyale di sekitar pantai kuta lombok. Pantai kuta ini memiliki pasir putih yang sedikit lebih lembut sehingga mirip bubuk merica dan akan merasa lebih nyaman untuk rebahan sambil berjemur.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment