Obyek Wisata Kepulauan Tanjung Pinang

Kepulauan Riau memiliki Aneka Kekayaan Alam yang dapat di Jadikan Obyek Wisata bertaraf Internasional, karena sektor Pariwisata sudah menjadi salah satu pemasukan yang besar bagi Kas Daerah maupun Negara. Di Provinsi Kepulauan Riau ini banyak kita temui tempat wisata Alam yang sangat indah dan Wisata Sejarah  yang menjadi Fenomena kehidupan di Negara Indonesia.
Pulau Bintan adalah pulau di provinsi Kepulauan Riau, di mana terdapat Kota Tanjung Pinang, ibu kota Provinsi Kepulauan Riau.Di Pulau ini memiliki dua Pemerintahan, Pemerintah Kota Tanjungpinang yang terletak di Senggarang, sedang Pemerintah kabupaten bintan terletak di Bandar Seri Bintan .
Berdekat dengan Batam dan Singapura memang menjadi daya tarik tersendiri dari pulau ini. Tapi sejatinya, pulau ini sendiri memiliki banyak daya pikat. Keindahan alam, salah satunya. Kemilau pasir putih, birunya air laut, dan rimbunnya pepohonan, merupakan perpaduan yang membuat Pulau Bintan begitu cantik.
Berikut adalah beberapa obyek wisata di kepulauan Riau yang dapat anda jumpai;


1 PULAU PENYENGAT
 


Pulau Penyengat atau  dalam sebutan sumber-sumber sejarah, adalah sebuah pulau kecil yang berjarak kurang lebih 3 km dari kota Tanjung Pinang pusat pemerintahan Propinsi Kepulauan Riau. Pulau ini berukuran kurang lebih 2.500 meter x 750 meter, dan berjarak lebih kurang 35 km dari Pulau Batam. Pulau ini dapat dituju dengan menggunakan perahu bot atau lebih dikenal bot pompong. Dengan menggunakan bot pompong, memerlukan waktu tempuh kurang lebih 15 menit.
Pulau Penyengat merupakan salah satu obyek wisata di Kepulauan Riau. Salah satu objek yang bisa kita liat adalah Masjid Raya Sultan Riau yang terbuat dari putih telur, makam-makam para raja, makam dari pahlawan nasional Raja Ali Haji kompleks Istana Kantor dan benteng pertahanan di Bukit Kursi. Pulau penyengat dan komplek istana di Pulau Penyengat telah dicalonkan ke UNESKO untuk dijadikan salah satu SitusWarisan Dunia.


2 GUNUNG BINTAN
 

 Gunung Bintan yang terletak di kampung Bekapur, Desa Bintan Buyu, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan sebenarnya lebih mirip dengan bukit, karna ketinggian puncaknya hanya sekitar 400m di atas permukaan laut.
Bagaimanapun bukit ini merupakan ‘gunung’ tertinggi dan satu- satunya yang ada di Pulau Bintan. Puncak bukit bisa ditempuh hanya dalam waktu sekitar 2 jam. Ada beberapa hal menarik yang bisa ditemui sepanjang pendakian. Yang paling utama, tentu saja ketika berada di puncak kita bisa menikmati pemandangan indah, karena dari puncak bukit ini kita bisa melihat kesekeliling Pulau Bintan.  Disamping pemandangan indah di puncak, gunung bintan juga merupakan hutan hujan tropis yang dihuni oleh berbagai flora dan fauna.  Setelah lelah mendaki, kita bisa mandi dengan air segar yang berasal dari air terjun yang terletak persis di kaki gunung.


3 AIR TERJUN GUNUNG BINTAN

Air Terjun Gunung Bintan terletak di kaki Gunung Bintan, Kampung Bekapur, Desa Bintan Buyu, Kecamtan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan Propinsi Kepulauan Riau. dan satu- satunya yang ada di pulau bintan

4 PANTAI TRIKORA

Panati Trikora ini memiliki eksotika panorama yang sangat indah, di sepanjang 25 kilometer hamparan pantai yang membentang dengan indahnya. Seperti halnya Pantai Lagoi, Pantai Trikora ini juga merupakan sebuah pantai yang di dominasi oleh pasir putih di tepiannya. Selain itu terdapat juga berbagai jenis tumbuhan di sekitar pantai yang memberikan kesejukan bagi para wisatawan. Satu yang unik dari pantai ini adalah terdapat bebatuan yang ukurannya sangat besar, bebatuan tersebut terletak di sekitar hamparan pantai dan biasanya digunakan oleh para wisatawan yang hobbi memancing.
Dari sekitar hamparan pantai para wisatawan juga dapat melihat pulau-pulau yang terletak di seberang pantai Trikora. Pulau-pulau tersebut adalah pulau-pulau kecil yang masih termasuk dalam gugusan pulau-pulau di Provinsi Kepulauan Riau, bahkan beberapa dari pulau tersebut merupakan pulau yang tidak berpenghuni.
Pantai Trikora ini terletak di Kecamatan Gunung Kijang, tepatnya di Desa Malang Rapat, Pulau Bintan dan dari kota Tanjung Pinang hanya berjarak 45 kilometer saja.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment