Panorama Keindahan Sawai, Pulau Seram Utara - Maluku


Desa Sawai yang terletak di kecamatan Seram Utara Kab Maluku bisa menjadi salah satu tujuan wisata Anda saat liburan. Dengan lima anak dusun yaitu Masihulang, Rumaolat, Besi, Opin dan Olong, Desa Sawai termasuk dalam Taman Nasional Manusela, sehingga tidak heran bila kondisi alamnya masih sangat terjaga.

 

Untuk ,mencapai desa sawai dapat menggunakan dua cara, pertama dari Masohi dengan rute melalui pegunungan yang terkenal dengan lekukan SS bisa ditempuh dengan waktu 4 jam. Atau bisa mengambil rute Masohi-Dusun Saka sekitar 2 jam perjalanan. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan Long Boat , butuh waktu sekitar 30 menit untuk mencapai Sawai.

 

Sungai Salawai dan hutan sekitarnya yang ada di desa Sawai adalah habitat beberapa hewan liar seperti buaya, rusa dan babi hutan.

 

Pulau Sawai dan Pulau Raja adalah dua tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Namun, kebanyakan yang datang ke tempat ini adalah wisatawan mancanegara. Pantai di pulau Raja sangat indah dan alami. Beragam jenis burung, kupu-kupu dan juga anggrek hutan langka masih bisa dinikmati di pulau ini.

 

Jika Anda sudah puas berenang dan menikmati keindahan perairan di sekitar pulau Sawai dan Pulau Raja,Pulau Kelelawar bisa menjadi tujuan Anda selanjutnya. Di Pulau inilah, kumpulan pohon bakau yang lebat  menjadi habitat kelelawar dengan nama lokal Marsegu ini.

 

Perjalanan ke pulau Kelelawar hanya bisa dilakukan saat air laut pasang, karena jika saat air lau surut, longboat tidak bisa masuk karena laut sudah dangkal dan rapatnya pepohonan dan tanaman rumput laut yang hidup di bawahnya.

  

Terdapat sebuah dermaga dari kayu berbentuk huruf T yang sekaligus menjadi pintu masuk kedalam pulau kecil ini, dibangun pemerintah setempat untuk para pengunjung melihat kelelawar dari jarak cukup aman. Selain sebagai pintu masuk pulau kelelawar, penduduk sekitar menggunakan dermaga kayu ini untuk membersihkan bibit ataupun hasil panen rumput laut sebelum di bawa pulang ke Desa Sawai.

 

  Untuk berkunjung ke Sawai, sebaiknya pada bulan September-oktober atau bulan Februari. Namun sebaiknya cek kembali cuaca dan kondisi di sana, jangan sampai rencana liburan Anda terganggu dengan rintik hujan yang mungkin turun setiap hari di sana.

 

Transportasi dari kota Ambon ke Masohi cukup lancar, dengan kapal cepat, biasanya ada dua kali dalam sehari yaitu pagi dan sore. Transportasi agak sulit saat rute Masohi Sawai dan rute Masohi-Saka-Sawai. Sebaiknya Anda sudah menyiapkan transportasi rute Masohi –Sawai, saat masih di Ambon dengan menghubungi pihak travel atau penginapan. Jadi Anda tidak perlu pusing mencari dan menawar mobil untuk menuju Saka atau Sawai.
Selain itu, negosiasikan pula untuk transportasi pulangnya. Jadi Anda tidak perlu lagi bingung mencari transportasi untuk pulang.

 

Sebaiknya hari pertama Anda tiba di Sawai, jangan langsung memulai tour.Perjalanan untuk mencapai Sawai yang cukup panjang tentu membuat badan lelah. Istirahatlah dan kenali daerah sekitar terlebih dahulu sambil menikmati suasana, sehingga perjalanan untuk keesokan harinya badan sudah segar dan fit kembali.

 
Previous
Next Post »
Thanks for your comment