Referensi Tempat Wisata Alam di Jawa Timur

Jawa timur adalah sebuah provinsi di Indonesia dengan ibu kota Surabaya yang berada bagian timur pulau jawa. Provinsi Jawa Timur berbatasan dengan provinsi Jawa Tengah dan Bali serta terletak di koordinat 9º 0' - 4º 50' LS dan 110º 30' - 116º 30' BT.

Tidak hanya terkenal dengan wisata kulinernya yang enak dan lezat saja, Jawa Timur juga terkenal dengan panorama keindahan alamnya. Tak hanya sekelas domestik, wisata di Jawa Timur juga mendapat sambutan hangat oleh para wisatawan dari mancanegara. Apa saja tempat-tempat yang menarik disana?, Berikut pembahasannya.


1 GUNUNG BROMO



Gunung Bromo berasal dari bahasa sansekerta: Brahma ( salah seorang Dewa Umat hindu), merupakan Gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Gunung Bromo sangat menarik untuk menjadi obyek wisata karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif dan sangat indah pemandangan alam sekitarnya.
Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut,  berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera ( lautan pasir) seluas sekitar 5.250 hektar.
Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah.
Anda dapat berkuda atau berjalan melalui tangga dan melihat Matahari terbit, Lihatlah bagaimana pesona Matahari yang menawan saat terbit dan terbenam. mungkin akan menjadi pengalaman pribadi yang mendalam saat Anda melihatnya secara langsung. Suhu udara di Gunung Bromo berkisar antara 3°-20° celcius, namun dapat berada beberapa derajat di bawah nol selama musim kemarau.



2 GUNUNG KAWAH IJEN



 Gunung Ijen (Kawah Ijen), adalah salah satu gunung yang masih aktif, Memiliki ketinggian 2.443 m dari atas permukaan laut, berdinding kaldera setinggi 300-500 m dan telah 4 kali meletus di tahun 1796, 1817, 1913 dan 1936. Kawasan ini terletak di tiga kabupaten yaitu Situbondo, Bondowos dan Banyuwangi. Kawah Ijen merupakan pusat danau kawah terbesar di dunia, yang bisa memproduksi 36 juta meter kubik belerang dan hidrogen klorida dengan luas sekitar 5.466 hektar.  Kawah Ijen merupakan pusat danau kawah terbesar di dunia, yang bisa memproduksi 36 juta meter kubik belerang dan hidrogen klorida dengan luas sekitar 5.466 hektar. Gunung Kawah Ijen juga mempunyai panorama keindahan alam yang sangat memukau,Salah satunya ialah pesona keindahan alam Gunung Ijen yang pemandangannya luar biasa dan telah terkenal oleh wisatawan dari berbagai negara. Di sinilah dapat Anda lihat danau kawah luas yang menakjubkan bersama api berwarna biru dari belerangnya saat malam hari. Selai itu  anda juga dapat menyaksikan pada sore hari saat matahari hampir tenggelam dan membiaskan cahaya keemasan membentuk pemandangan sunset yang sangat indah.


3 PANTAI PAPUMA



 Pantai Papuma terletak di desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Gugusan batu  karangnya berada di tengah laut dan tentunya menjadi daya tarik wisatawan untuk datang melihat keindahannya secara langsung. Di Pantai Papuma ada batu karang tinggi di lepas pantai. Karena bentuknya yang tinggi,batu karang ini dinamakan Siti Hinggil (dataran tinggi). Untuk bisa melihat keindahan laut lepas  dari Siti Hinggil, anda bisa menggunakan perahu nelayan untuk menyebrang. Batu karang dengan ketinggian lebih dari 50 mdpl dapat anda gunakan untuk melihat pemandangan Gua Lawa ( Gua Kelelawar) yang memiliki kedalaman lebih dari 30 mdpl. Gua Lawa ini dapat dicapai pada saat air sedang surut. Konon, lokasi ini merupakan tempat bertapanya Kyai Mataram. Keunikan lain dari pantai ini adalah panorama keindahan pulau-pulau karangnya yang besar dan membentuk beberapa gugusan indah di tengah laut.

Pantai Papuma sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang untuk kenyamanan pengunjung. Fasilitas tersebut berupa taman bermain, tempat kemah, souvenir, warung makan dan minum, kantor pengelola, musala, MCK, dan Tempat parkir. Bagi yang ingin menginap, ada banyak penginapan yang bisa Anda sewa.


4 PANTAI BALAKAMBANG



 Pantai balakambang yang terletak di kecamatan Donomulyo sekitar 45 km sebelah selatan kota Malang ini menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang sedang mencari referensi tempat wisata untuk berlibur, pantai ini menyajikan keindahan panorama alam yang sangat menakjubkan dan luar biasa, disamping pemandangan indah hamparan pasir putih yang membentang luas, di pantai ini juga terdapat  bangunan Pura yang berdiri tegap diatas bebatuan karang, sehingga menambah nilai artistik tersendiri yang sangat indah, disebut-sebut pula panorama yang ada di pantai Balakambang ini mirip seperti pemandangan yang ada di Tanah Lot, Bali.



5 TELAGA SARANGAN



Telaga Sarangan
yang juga dikenal sebagai telaga pasir ini adalah sebuah telaga/ danau alami yang terletak di kaki Gunung Lawu di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Berjarak sekitar 16 kilometer arah barat kota Magetan. Telaga ini luasnya sekitar 30 hektare dan berkedalaman 28 meter. Dengan suhu udara antara 18 hingga 25 derajat Celcius, Telaga Sarangan mampu menarik ratusan ribu pengunjung setiap tahunnya.Telaga Sarangan ini juga memiliki penorama alam yang tak kalah indahnya. Disini juga terkenal akan kuliner sate kelincinya. Selain telaga sobat bisa menikmati air terjun (tirtosari) yang ada dikawasan wisata ini. Di telaga tersebut para wisatawan dapat menikmati permainan air yang disediakan seperti sepada air, speedboat, dan masih banyak lagi dan kabut yang menyerupai awan seringkali turun yang membuat tempat ini seakan-akan berada di dekat awan.



6 JEMBATAN SURAMADU



Jembatan SuraMadu (Surabaya - Madura) adalah jembatan terpanjang di Indonesia dan juga merupakan salah satu ikon kota Surabaya yang memiliki panjang 5.438 meter dan menghubungkan antara pulau  Madura dengan pulau Surabaya. Untuk membangun jembatan ini membutuhkan waktu kurang lebih 6 tahun dan biaya sebesar 4,5 triliun, (lumanyan banyak ya....). Pembangunan jembatan ini bertujuan untuk pemerataan pembangunan infrastruktur dan ekonomi di pulau madura yang relatif tertinggal di bandingkan dengan kota tetangganya yaitu Surabaya. Jembatan ini memiliki 4 jalur yaitu 2 jalur untuk roda empat (mobil) dan 2 jalur untuk roda dua (sepeda motor).
 Tetapi sekarang, Jembatan Suramadu tidak hanya sebagai jembatan penghubung saja antara Surabaya dan Madura, tetapi juga sebagai tempat pariwisata Jawa Timur yang sangat terkenal. Banyak wisatawan lokal yang berkunjung ke jembatan ini hanya untuk menyeberang saja guna melihat jembatan ini secara langsung.
Jembatan Suramadu sangat cantik dan begitu indah jika dilihat pada malam hari. Karena dihiasi oleh banyak lampu jalan sepanjang jembatan ini dan juga sorotan lampu warna warni yang bisa bergonta ganti warnanya. Mata ini dibuat takjub oleh keindahan sorotan lampu di sepanjang Jembatan Suramadu.
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
14 Februari 2015 07.19 ×

Coba datang ke madura dan rasakan sensasi wisata alamnya.. ;) Wisata Alam di Pulau Madura

Balas
avatar
admin
16 Desember 2015 23.55 ×

Info yang bagus gan . salam wisata dari jogja

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment