Kawah Sikidang Obyek Wisata Dieng- kab Banjarnegara

Kawah sikidang merupakan salah satu kawah masih aktif yang ada di dataran tinggi Dieng selain kawah sileri, kawah candradimuka, kawah sinila dan kawah -kawah yang lainnya, yang terbentuk ribuan tahun silam dan membentuk kepundan di area kawah hingga kini masih menunjukan aktifitasnya baik berupa solfatara maupun fumarola.



Kawah sikidang selain mempunyai karakteristik yang khas kawah tersebut juga mempunyai keunikan tersendiri yaitu bisa berpindah pindah, adapun perpindahan tersebut dikarenakan adanya dapur magma yang menghasilkan panas dan energi dengan tekanan yang sangat kuat yang berada di dalam perut bumi.



Asal usul nama kawah sikidang  sampai sekarang masih menjadi sebuah pertanyaan bagi masyarakat lokal dieng sendiri, karena adanya beberapa versi cerita dari masyarakat yang menyebutkan kawah sikidang dari sisi mitos atau legenda di tengah masyarakat dieng.



Dari salah satu cerita rakyat yang berkembang di dataran tinggi Dieng yaitu dari legenda kawah sikidang yang menceritakan latar belakang dari sebuah kisah cinta seorang raja kidang garungan yang berahir tragis.



Terlepas dari semua itu ternyata di area kawah sikidang bisa merasakan aroma khas seperti bau belerang, dan tidak sedikit dari para wisatawan juga memanfaatkan dari lumpur kawah tersebut karena bisa juga digunakan sebagai penghalus kulit.



Previous
Next Post »
Thanks for your comment