Obyek Wisata Sejarah Candi Bimakab. Banjarnegara


Jangan membayangkan candi hindu yang berada di Dieng ini besar-besar seperti candi di prambanan. Candi yang paling besar yang sementara ini sudah di gali keberadaannya adalah Candi Bima. Candi Bima di temukan dengan ukuran 4,55 m x 4,55 m. Kalau diperhatikan dengan seksama Candi Bima meniru gaya candi-candi di India yaitu terdiri dari tiga tingkatan mendatar dan disisi dinding candi terdapat Arca Kudu nya.



Candi Bima merupakan candi yang kedua di Dieng yang menghadap ke arah timur. Candi ini  sering digunakan untuk upacara Pradiksina yaitu  mengelilingi candi Siwa searah putaran jarum jam sebanyak tiga kali putaran dengan melakukan Kirab Mendhak Tirta. Hal ini terlihat dari tembok pembatas yang mengelilingi candi Hindu tertua di Dieng ini.

 

Berada di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. candi ini terletak paling selatan di kompleks Percandian Dieng.



Candi ini berada dalam kondisi buruk, antara lain karena beberapa kali kasus pencurian arca kudu yang unik pada bagian atap tersebut  serta rusak akibat solfatara dari Kawah Sikidang.
Pada tahun 2012, Candi Bima kembali dipugar oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah. Pemugaran dilakukan karena susunan batuan candi sudah banyak yang lapuk dan bergeser akibat dimakan usia dan terkena getaran,  juga karena terdapat rongga yang dapat menyebabkan amblesnya bangunan.






Previous
Next Post »
Thanks for your comment