Berendem Air Panas Cipari- Kab. Cilacap

Pemandian Air Panas Cipari ini terletak di Desa Cipari Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 75 km ke arah barat dari kota Cilacap dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 – 2 jam perjalanan. Menurut sejarah, tempat pemandian ini awalnya merupakan ‘proyek gagal’ dari pemerintah Belanda pada tahun 1930-an dikala mereka sedang berusaha mencari sumur baru untuk eksplorasi minyak karena memang Kabupaten Cilacap dikenal dengan industri minyak. Namun, bukan sumur minyak yang ditemukan tetapi justru menyembur air panas yang di kemudian hari dilakukan pengelolaan untuk dijadikan sebagai tempat wisata bagi masyarakat yang tinggal di Kabupaten Cilacap dan sekitarnya.



Sumber air panas yang ada di Kecamatan Cipari ini dipercaya mengandung senyawa belerang yang sangat baik untuk penyembuhan masalah kulit dan untuk mandi. Dan karena alasan inilah kenapa banyak pengunjung yang datang ke Pemandian Air Panas Cipari untuk melakukan pengobatan tradisional.
Mereka pun mengunjungi tempat ini berkali-kali untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Tiket masuk menuju ke tempat ini pun cukup terjangkau, yaitu Rp5.000* per orang. Tetapi terkadang pengelola pemandian memberlakukan Rp5.000* untuk tiga orang anak kecil. Hal ini dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi para pengunjung anak-anak yang mempunyai uang jajan minim, tetapi ingin mandi disana.



Penanganan yang lebih baik pada Pemandian Air Panas Cipari pun makin digalakan karena prospek pemandian ini cukup menjanjikan. Di tempat ini terdapat 10 kamar mandi. Dua kamar mandi mempunyai ukuran 4 x 4, sedangkan sisanya mempunyai ukuran lebih kecil yaitu 4 x 2 meter. Air yang digunakan berasal dari sumur yang dibuat dua saluran sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.
Selain kamar mandi yang bisa digunakan oleh para pengunjung yang datang untuk mengobati masalah kulit, terdapat juga fasilitas baru berupa kolam renang yang dapat dimanfaatkan oleh anda ketika berwisata ke Pemandian Air Panas Cipari.



Kalaupun anda memutuskan untuk berkunjung ke Pemandian Air Panas Cipari bukan untuk berobat, setidaknya anda berkesempatan untuk berpetualang dan mampir ke satu pemandian umum yang akan merilekskan tubuh anda sehingga dapat melunturkan kepenatan yang menghampiri anda.
Selain itu, berendam di pemandian atau bahkan mandi di sana juga akan membuat tubuh anda terasa lebih nyaman dan segar kembali. Biarpun tempatnya terlihat ala kadarnya, tetapi anda masih bisa mengambil manfaat dari kolam pemandian terbuka di Cipari ini.



Fasilitas kolam renang yang tersedia di Pemandian Air Panas Cipari ini berukuran 3 x 9 meter. Dan untuk mengisi air kolam diperlukan waktu satu hari satu malam dengan menggunakan pompa air sehingga kebersihan air kolam selalu terjaga. Penyediaan fasilitas baru berupa kolam renang ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan yang pernah mengalami penurunan dikarenakan ketidaknyamanan fasilitas. Oleh karena itu, pembenahan di Pemandian Air Panas Cipari menjadi satu keharusan untuk bisa bersaing dengan tempat wisata lain di Kabupaten Cilacap.
Disaat anda mencoba berendam di Pemandian Air Panas Cipari, anda akan bisa merasakan kalau suhu airnya lumayan panas sehingga tubuh akan merasa rileks dan santai. Apalagi kandungan senyawa belerang yang tinggi membuat khasiat untuk kesehatan kulit pun akan makin terasa.



Yang perlu anda tahu, sebenarnya objek wisata ini terletak di belakang sebuah rumah dengan bentuk huruf ‘L’ yang dibangun sekitar tahun 1948. Tujuan didirikannya bangunan ini memang untuk tujuan wisata, khususnya untuk pemandian umum bagi warga masyarakat yang merasa punya masalah dengan kulit, atau memang hanya ini melakukan ‘sauna’ tradisional di Pemandian Air Panas Cipari.
Konon, tempat ini dulu sering didatangi oleh para pengunjung. Namun, masalah klasik dari tempat wisata yang ada di daerah pedalaman selalu sama, yaitu kurangnya perawatan dan juga tidak adanya penambahan fasilitas baru yang dapat memancing para pengunjung untuk datang kembali.



Jadi, dengan ada pembenahan, misalnya perbaikan pada kamar mandi yang digunakan untuk pengunjung, fasilitas tempat parkir, kolam renang yang memadai, serta adanya gazebo atau gubug-gubug yang dibangun disekitar Pemandian Air Panas Cipari diharapkan dapat menjadi daya tarik baru bagi mereka yang ingin berwisata sambil melakukan pengobatan kulit. Dengan begitu, mereka pun akan bisa mengambil manfaat yang positif saat mengunjungi pemandian air panas ini.



Previous
Next Post »
Thanks for your comment