Wisata Eksis - Pantai Pintu Kota Ambon

Propinsi Maluku dengan Ibukota Ambon, merupakan salah satu kota di pesisir pantai dengan pepohonan nyiur yang saling melambai-lambai pada setiap sudut kotanya. Keindahan pesisir pantai dengan lautnya yang biru dan airnya yang bening menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun internasional.



Pintu Kota merupakan salah satu pantai di daerah sekitar kota Ambon yang menyimpan keunikan tersendiri yaitu terdapatnya lubang besar yang menerobos tebing karang sampai tembus di kedua sisinya.



Pada bagian karang yang berlubang tersebut apabila kita berdiri di pinggir pantai, maka kita dapat melihat laut secara langsung melalui lubang tersebut. Pantai Pintu Kota berbentuk teluk merupakan jenis pantai berkarang dan berbatu.



Bagian bibir pantai yang berpasir hanya sedikit saja. Dari tempat parkir menuju lokasi pantai kita harus menuruni tangga yang agak curam dan sempit, yang kalau basah harus berhati-hati supaya tidak tergelincir. Di lokasi pantai terdapat pondokan-pondokan untuk tempat berteduh dan beristirahat dengan rimbunnya pepohonan yang cukup besar.



Perjalanan untuk mencapai lokasi dari kota Ambon yang berjarak lebih kurang 15-16 km dapat ditempuh dengan waktu lebih kurang 1 jam perjalanan dengan kendaraan sedan jenis SUV/ MPV.



Disamping itu juga dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan sepeda motor dan kendaraan angkutan umum. Sepanjang perjalanan menuju lokasi kita juga disuguhkan pemandangan alam yang masih asri dan natural yang tak kalah menariknya.



Potensi pantai Pintu Kota disamping untuk tempat wisata pantai juga dapat digunakan untuk acara pemotretan Prewedding, Wedding, modeling, fashion dan juga produk Iklan atau film. Tempat parkir kendaraan yang cukup luas juga membuat para pengunjung merasa nyaman.



Pantai Pintu Kota merupakan salah satu destinasi wisata yang tidak boleh terlewatkan saat ke Maluku. Pantai ini terletak sekitar 20 km dari Kota Ambon. Akses transportasi yang mudah dan jalan beraspal yang mulus menjadikan tempat ini mudah untuk dijangkau.



Pantai ini memiliki keunikan sekaligus keindahan yang tidak bisa ditemui di pantai lainnya, yang menjadikan daya tarik para traveler untuk mengunjungi Pantai Pintu Kota. Perpaduan warna tebing yang berwarna coklat kemerahan dan kemudian dihantam gelombang ombak menghasilkan pecahan air yang indah.



Selain menikmati pemandangan pantai berpasir putih yang dihiasi bebatuan dan tebing, traveler juga dapat berfoto-foto dengan latar tebing yang membentuk pintu gerbang tersebut.



Dengan dinding tebing yang terdiri dari batuan karang yang cukup tajam dan berwarna coklat gelap, maka terlihat sangat kontras dengan laut dan langit, menambah keindahan tebing yang eksotis ini. Tempat berpijak di sekitar pantai di dominasi oleh bebatuan yang cukup tajam, jadi kita harus hati-hati saat melangkahkan kaki diantara bebatuan.



Warna kontras antara tebing dengan laut dan langit terlihat sangat mempesona
Selain sebagai tempat wisata dan berfoto, lokasi ini juga terkenal sebagai tempat penyelaman, karena memiliki pemandangan bawah laut yang tak kalah indah nya.




Previous
Next Post »
Thanks for your comment