Bendungan Palasari, Bali bagian barat- Liburan

Ada berbagai pilihan tempat liburan bila anda datang ke Bali, dari sekian banyak objek wisata tersebut yang ada salah satunya adalah Bendungan Palasari yang terletak di Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, Jembrana 26 Km ke arah barat dari kota Negara.



Bendungan Palasari ini pada awalnya merupakan waduk pengendali bencana banjir dan irigasi bagi lahan pertanian. Selain berfungsi sebagai sumber pengairan pertanian dengan belakang hutan lindung yang luas serta berudara sejuk Bendungan Palasari juga di jadikan objek wisata. Daerah genangan air bendungan yang cukup luas sangat bermanfaat pula bagi usaha perikanan air tawar.



Banyak wisatawan yang datang ke bendungan ini tidak hanya sekedar menikmati pemandangannya yang indah, namun bagi para wisatawan yang mempunyai hobi motor cross dan off road dapat menyalurkan hobinya di daerah sekitar Bendungan, karena di area Bendungan ini terdapat area motor cross dan off road. Biasanya pada hari – hari tertentu diadakan perlombaan motor cross dan off road di Bendungan Palasari ini.
Aktifitas yang bisa dilakukan di Bendungan Palasari ini antara lain: bersampan mengelilingi bendungan, menikmati pemandangan dan memancing.



Bendungan Palasari dibangun pada bulan April 1986 dan memiliki luas genangan waduk 100 Ha dengan volume air 8.000.000 m3. Sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan dapat diselesaikan dalam waktu 3,5 tahun dengan pelaksana pembangunan dikerjakan oleh Kontraktor nasional PT. Brantas Abipraya Malang, sementara untuk pekerjaan mekanikal dikerjakan oleh sub kontraktor Pt. BBI Surabaya. Pembangunan Bendungan Palasari menelan biaya sebesar Rp 9 Milyar yang bersumber dari pinjaman Asian Development Bank (ADB). Bendungan Palasari diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 23 Juli 1989.



Masyarakat sekitar pada umumnya bermata pencaharian sebagai petani serta berternak, ini bisa terlihat disepanjang jalan saat anda mengunjungi lokasi. Dengan dijadikannya Bendungan Palasari ini sebagai salah satu objek wisata diharapkan dapat meningkatkan taraf perekonomian penduduk setempat.



Fasilitas yang terdapat disekitar Bendungan Palasari diantaranya: villa & spa, warung penjual makanan dan minuman serta area parkir yang cukup memadai.
Untuk dapat berkunjung ke objek wisata Bendungan Palasari ini diperlukan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan dengan jarak tempuh kira-kira 120 km sebelah barat kota Denpasar, Bali.




Previous
Next Post »
Thanks for your comment