Keindahan Kawasan Gunung Salak Endah, Curug Cigamea - Bogor

Curug Cigamea berlokasi di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, yang merupakan bagian dari kawasan wisata Gunung Salak Endah (GSE). Untuk menuju ke lokasi air terjun, pengunjung diharuskan berjalan kaki dari areal parkir, melalui jalan menurun kurang lebih 350 meter.



Curug Cigamea terdiri dari dua buah air terjun utama dengan karakter yang berbeda. Air terjun pertama yang lebih dekat dengan jalan masuk, berupa air terjun dengan tebing curam menyerupai dinding dan didominasi bebatuan warna hitam. Tipe air yang jatuh lebih bersifat percikan air yang langsung melimpah jatuh dan cukup deras meskipun nampak jelas tidak sederas air terjun kedua.



Hal ini pula yang menjadikan alasan kolam limpahan air yang berada di bawahnya tidak luas dan dalam sehingga tidak bisa digunakan untuk berenang. Letaknya yang terbuka memungkinkan wisatawan untuk berada di sisi kiri dan kanan air terjun.



Air terjun kedua berjarak kurang lebih 30 meter dari air terjun pertama dan berada di celah tebing. Bebatuan tebing berwarna hitam berpadu dengan corak garis warna coklat kemerah-merahan nampak terlihat jelas dan memberi nuansa sendiri saat melihatnya. Air yang mengalir lebih mirip dengan aliran sungai dengan ukuran lebar yang semakin kebawah semakin melebar dan debit air yang cukup tinggi.



Sepintas bila dilihat dari bawah, sumber air yang berada di atas air terjun kedua ini berada sedikit dibawah air terjun pertama, padahal sebenarnya tidak. Dari hasil pengamatan mulai dari masuk lokasi ini, terlihat jelas bahwa air terjun kedua ini memiliki ketinggian yang lebih tinggi dari air terjun pertama. Namun karena tertutup oleh rimbunnya pepohonan dan adanya bagian tanah yang sedikit menjorok ke muka, praktis bagian atasnya tidak bisa dilihat saat berada di bawah lokasi.



Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
19 Oktober 2016 06.23 ×

blognya keren juga nih gan,,,kunjung balik ya gan,,maklum newbie ane

Selamat jurnalwisata.id dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin
Thanks for your comment