Kesenian Jegog di Sangkaragung- Bali


Wisata Sankaragung merupakan salah satu tujuan wisata populer di Jembrana, Bali. Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara yang ingin menyaksikan kesenian khas Bali yaitu kesenian karawitan Jegog.



Seni Karawitan Jegog adalah salah satu ciri khas Bali dan menunjukkan kekayaan budaya di Bali. Kesenian ini sebenarnya adalah kesenian kuno di Pulau Dewata sehingga jika Anda bisa menyaksikan kesenian ini, berarti Anda termasuk orang yang beruntung karena ini termasuk kesenian langka.



Untuk berwisata di Desa Sangkaragung, desa ini masuk ke dalam wilayah Kecamatan Negara atau sekitar 5 kilometer ke arah timur Kota Negara. Jika Anda ingin menyaksikan kesenian Jegog, Anda dapat menyaksikannya di pusat kesenian yang bisa Anda tempuh dengan kendaraan darat.



Untuk melihat pertunjukkan Jegog ini, Anda harus membayar tiket masuk yang bisa Anda dapatkan langsung dari sana atau membelinya melalui agen wisata. Agen wisata biasanya juga sudah memasukkan kesenian ini ke dalam daftar paket liburan. Harga tiket masuk untuk menonton pertunjukan Jegog sekitar Rp. 60.000,- per orang.



Selain itu, kesenian ini biasanya hanya digelar pada hari Minggu pukul 19.00. Keunikan dari pertunjukkan kesenian Jegog adalahpenggunaan alat musik bambu dengan diameter 20 cm dan panjang sekitar 3,5 meter. Alat musik tradisional tersebut akan menghasilkan suara yang sangat merdu. Dalam pertunjukkan ini Anda juga bisa melihat atraksi pertarungan tabuh jegog.



Previous
Next Post »
Thanks for your comment