Mengenang Gua Bendung- Kab. Cilacap

Tempat wisata Gua Bendung memiliki panjang sekitar 150 m, lebar 10 m, untuk menuju tempat ini dicapai melalui Pelabuhan Lomanis atau Pelabuhan Seleko menuju Desa Klaces, selanjutnya dilanjutkan dengan berjalan kaki selama satu jam. Bisa naik kendaraan sekitar 45 menit dari Dermaga Sodong.
Goa Bendung ditemukan oleh seorang penjajah Belanda pada sekitar abad ke 16 konon katanya pernah di gunakan sebagai tempat ibadah umat Kristiani pada saat Belanda menduduki Pulau Jawa termasuk Pulau Nusakambangan di Cilacap.



Untuk mencapai ke Goa Bendung dapat melalui Pelabuhan Lomanis atau Pelabuhan Sleko dengan naik kendaraan air seperti perahu atau compreng dengan menelusuri berbagai sungai dan selat Segara Anakan menuju goa atau Desa Klaces Cilacap. Dari Klaces kemudian terus berjalan kaki selama kurang lebih satu jam menuju ke arah Goa Bendung atau dapat melalui Dermaga Sodong dengan menaiki kendaraan motor atau mobil serta angkutan lainnya melalui jalan darat sambil menikmati keindahan alam dan hutan serta bangunan lembaga pemasyarakatan menuju Goa Bendung sekitar 45 menit.



Goa Bendung atau di sebut juga Goa Maria berlokasikan di Pulau Nusakambangan bagian barat Cilacap. Oleh karenanya goa ini memiliki stalagmit yang bentuknya menyerupai seperti Bunda Maria, maka goa dikenal dengan banyak sebutan yaitu Goa Maria. Goa ini juga menjadi salah satu objek wisata umat beragama khatolik atau religi yang banyak dikunjungi umat Katolik.



Selanjutnya Goa Bendung ini bagaimana menurut anda Goa Bendung yang berada di cilacap? apakah anda berinat berlibur ke tempat Goa Bendung ini, jika berminat silahkan ikuti jalur yang sudah ditentukan.

 



Previous
Next Post »
Thanks for your comment