Piknik yang Unik di Gunung Puncar Beserta Mata Air Panas - Bogor

Membahas keindahan kota Bogor, pasti tidak akan ada habisnya. Kota yang berada di dataran tinggi ini tampak dikelilingi sederetan gunung, menjadikan kota ini begitu dikenal oleh para wisatawan. Ditambah lagi dengan banyaknya objek wisata alam yang dimilikinya sehingga mampu memikat para wisatawan untuk mengunjungi salah satu tempat menarik yang ada di Indonesia ini.


Dari berbagai macam objek wisata yang ada di kota Bogor, Tempat Wisata Alam Gunung Pancar ialah salah satunya. Tempat ini adalah pemandian air panas yang terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan madang, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.


Bagi anda yang ingin menghabiskan liburan dengan cara yang sedikit berbeda, sudah sepatutnya mengunjungi tempat ini. Kita tidak hanya bisa menikmati pemandian air panasnya, tetapi juga pemandangan pohon-pohon pinus yang mengiringi perjalanan kita menuju Tempat Wisata Alam Gunung Pancar yang menambah kekaguman para pengunjung.


Tempat Wisata Alam Gunung Pancar ini mulai ditetapkan sebagai objek wisata pada tahun 1994. Dibawah naungan PT. Wana Wisata Indah, terciptalah beberapa macam objek wisata menarik dengan tidak merusak keaslian alam itu sendiri. Diantaranya, yakni sebagai areal untuk melakukan kegiatan pendakian, kemping atau berkemah, berkuda, bersepeda, areal untuk melakukan kegiatan tracking atau melintasi alam, serta tempat pemandian.


Berendam di air hangat dengan hawa yang sejuk, cocok sekali bagi anda yang ingin menyegarkan tubuh dan pikiran anda setelah melakukan berbagai macam rutinitas yang membuat anda penat. Sejenak, udara yang tercemar dengan asap kendaraan, berganti dengan udara segar yang mampu membuat para pengunjungnya untuk kembali mengunjungi tempat ini dilain waktu.
 


Gunung Pancar memiliki obyek dan daya tarik wisata yang cukup menarik, yaitu pemandian air panas, makam keramat dan menikmati pergelaran kesenian tradisional daerah. Kegiatan wisata yang dapat dilakukan antara lain :
Wisata alam sambil olahraga (hiking, berkemah, berkuda, bersepeda, tenis, berenang (air panas), lintas alam) Wisata konvensi (berwisata sambil melakukan seminar, rapat, konferensi), Wisata budaya (menikmati pergelaran seni tradisional dan ziarah ke makam keramat di Puncak Gunung Pancar).

Sarana prasarana wisata di Taman Wisata Alam Gunung Pancar diantaranya pusat informasi, pondok kerja, sarana olah raga, camping ground, tempat bermain anak, sarana pemandian air panas, shelter, fasilitas penginapan dan ruang pertemuan.
 

Lokasi Gunung Pancar dapat ditempuh melalui jalur :
Pintu tol Sentul menuju Desa Babakan Madang dan Desa Karang Tengah dengan kondisi jalan beraspal cukup baik (± 13 Km, waktu tempuh ± 20 menit).
Kota Bogor - melewati daerah Bogor Baru - Desa Karang Tengah (± 25 Km, waktu tempuh ± 1 jam).
 
Untuk tiket masuk komplek Taman Wisata, turis domestik dikenakan biaya Rp 2.000 per orang, untuk turis asing dikenai biaya Rp 5.000 biaya masuk Rp 2.000 untuk mobil, Rp 1.000 untuk motor, dan Rp 5.000 untuk sepeda gunung. Sedangkan untuk masuk ke area air panas, Anda perlu membayar Rp 10.000 untuk dewasa, dan Rp 3.000 untuk anak-anak. Plus biaya untuk mobil Rp 4.000 dan Rp 2.000 untuk motor. Terdapat 3 jenis pemandian, yaitu kolam umum, kolam keluarga, dan kolam 3 rasa. Pemandian umum terbagi menjadi kolam khusus pria dan wanita. Bagi yang ingin kesegaran lebih, dapat menikmati kolam 3 rasa yang lebih panas. Apabila Anda menyukai eksklusivitas, terdapat 3 bilik kolam VIP. Tapi kita perlu merogoh kocek lebih, Rp 20.000 untuk dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak. Anda akan disuguhkan dengan suasana privat yang lebih tenang daripada di kolam umum.
 

Previous
Next Post »
Thanks for your comment