Pemandangan Alam lembah Cimeta Citarum Purba - Bandung

Lembah Cimeta Citarum Purba-padalarang, jika anda penikmat wisata alam mungkin mana lembah cimeta citarum adalah hal cukup sering anda dengar. Bandung selain terkenal sebagai surganya belanja tetapi menyimpan beberapa wisata alam yang cukup meanrik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Lembah Cimeta Citarum Purba ini.  Lembah Cimetra Citraum Purba adalah salah satu  situs megalitik terbesar di Asia Tenggara dan tepat berada di Gunung Padang.



Untuk mencapai kesana anda memasuki
wilayah Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Lembah Cimeta Citarum Purba ini luasnya mencapai tiga hektare. Sedangkan gunung Padang merupakan hasil pembekuan magma sisa gunung api purbakala yang diperkirakan terjadi pada zaman Pleistosen awal, sekitar dua sampai satu juta tahun lalu

 

selain sebagai situs prasejarah, Lembah Cimeta Citarum Purba dikelilingi kebun teh disertai gunung dan lembah menjadi lukisan indah yang akan menemani perjalanan  anda menuju situs arkeologi tersebut.



Sedangkan bebatuan yang ada Lembah Cimeta Citarum Purba ini merupakan bebatuan jenis andesit basaltis tumpah di segala sisi. Umumnya batu-batu ini berbentuk tiang dan rata-rata memilikis panjang satu meter dengan diameter 20 sentimeter. Bentuk batuan itu ternyata murni diolah oleh alam.





Lembah Cimeta Citarum memang tak berbeda dengan situs megalitik di dunia yang dibangun pada masa pra – sejarah, seperti piramida di Mesir atau pun Machu Picchu di Peru, situs Gunung Padang pun tidak dibangun secara sembarangan lohh.kebanyakan bangunan situs ini dibuat dengan mempertimbangkan



posisi geomantik, yaitu mempertimbangkan posisi bangunan dengan unsure alam di bumi seperti gunung dan mata angin. Posisi astromantik, yang menyesuaikan posisi bangunan terhadap garis rasi bintang, planet, dan matahari, juga ikut menjadi pertimbangan. Nnah, jika anda suadah bsoan dengan wisata yang monoton, mungkin Lembah Cimeta Citarum Purba bisa menjadi pilihan berwisata anda selain anda akan disajikan pemandangan alam yang asri anda juga akan belajar sedikit banyak tentang sejarah prubakala jaman dahulu. Jadi tunggu apa lagi, apakah anda berminat untuk berwisata alam sekaligus belajar sejarah Kuno ayuk segera kunjungi Lembah Cimeta Citarum Purba sekarang.



Previous
Next Post »
Thanks for your comment