Wisata Alam dan Mitos Gua Sang Hyang Tikoro - Bandung

Satu lagi wisata Gua, selain goa pawon , yang ada di Jawa Barat, khususnya di daerah bandung barat , yaitu Gua Sang Hyang Tikoro. Gua Sang Hyang Tikoro di Bandung Jawa Barat ini merupakan Gua yang masih perawan karena belum pernah ada orang yang masuk ke dalamnya.



Gua Sang Hyang Tikoro masih sangat sepi dari pengunjung karena berbagai alasan. Letak Gua ini cukup tersembunyi sehingga akses menuju kesana juga sangat sulit.



Selain itu, konon Gua ini sangat lekat dengan aroma mistis jadi tidak ada orang yang berani menjelajah ke dalam Gua.
Gua, yang sebenarnya bisa dijadikan tempat wisata di bandung ini terletak di antara kecamatan Rajamandala dengan kecamatan Cipatat, Bandung Barat.



Sang Hyang Tikoro artinya adalah air tenggorokan, dan konon Gua ini ada hubungannya dengan legenda Sangkuriang.



Bagaimana kondisi dalam Gua serta berapa ukuran panjang Gua masih belum dipastikan. Ada yang menyebutkan bahwa Gua ini memiliki panjang 800 meter.



Konon, bagian dalam Gua digenangi oleh air sungai Citarum. air sungai tersebut tidak sepenuhnya kembali ke sungai itu lagi, namun kebanyakan justru terserap oleh tanah Gua.



Berbagai sudut pandang mengenai pembentukan Gua ini. Jika dari sisi ilmiah, Gua ini dibentuk akibat dari meletusnya Gunung Sunda yang sangat dasyat. Pasca letusan, yang tersisa hanya lubang-lubang lekukan yang dalam dan dengan muntahan lahar yang sangat panas



Sekalipun ada yang pernah berkunjung kesini, pengunjung tersebut tidak hanya dinikmati keindahannya namun bagian atas atau pinggir Gua banyak dijadikan tempat bertapa atau semedi pada malam-malam tertentu.



Dan mitosnya, jika ada seutas rambut atau sepotong lidi yang hanyut masuk ke dalam Gua Sang Hyang Tikoro – Jawa Barat, maka akan terdengar jeritan dari dalam Gua.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment