Obyek Wisata Air Panas Alami Tirta Sanita Ciseeng - Bogor

Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng adalah nama dan tempat yang terdengar asing sampai beberapa minggu lalu. Tidak pernah terlintas bahwa ada fasilitas sumber air panas cukup baik, berjarak hanya sekitar 40 menit dengan berkendara dari Serpong, Tangerang, sedikit ke luar kota Jakarta.



Lokasi Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng itu berada di desa Ciseeng, kecamatan Parung, Kabupaten Bogor. Sebuah tempat yang tidak begitu jauh dari Kota Jakarta.



nilah salah satu penyakit rabun dekat, dimana tempat dekat begitu lama tidak terlihat dan sering terabaikan sementara tempat-tempat jauh terlihat jelas dan sering dikejar. Tentu saya tidak sendirian.



Pintu masuk ke dalam lokasi Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng dengan loket karcis berada sebelah kanan. Pengunjung dewasa membayar Rp.5.000 per orang, Rp.6.000 pada akhir minggu, anak hanya dikenakan tiket masuk Rp.3.500.



Meskipun tempat parkir Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng tersedia sangat luas, namun akhir minggu serta hari libur area parkir akan sangat padat dan sedikit sulit untuk mendapatkan tempat jika datang terlalu siang, karena ribuan orang akan berkunjung ke tempat ini.



Setelah melewati deret Palm Raja dan area bermain anak di sebelah kiri, ada beberapa kios sederhana di sebelah dengan yang menawarkankoleksi ikan Cupang (Betta splendens). Ikan-ikan cantik ini memiliki bentang sirip sangat lebar dengan warna-warni sungguh indah



Salah satu bak mandi VIP Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng yang sekali masuk hanya boleh untuk satu orang. Pengunjung Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng dilarang masuk berdua meski suami istri sekalipun.



Setiap pengunjung sebaiknya berendam selama sekitar 20 menit dalam air hangat mengandung belerang yang bisa memperhalus serta menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.



Pengunjung Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng membayar lagi Rp.10.000 per orang untuk berendam dalam bak VIP ini. Setelah selesai berendam mereka akan mendapat sebotol air untuk menyegarkan tenggorokan. Keran air tawar juga ada dalam kamar VIP ini, meskipun sebaiknya tidak dibilas selama beberapa jam untuk mendapatkan hasil lebih baik. Penyakit kulit bisa sembuh, kulit lebih halus, jika berendam secara teratur.



Bukit kapur putih dengan tekstur indah, dimana sumber Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng itu mulai mengalir.
Fasilitas untuk kegiatan outbound juga tersedia di Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng, termasuk flying fox pada ujung lintasan tali panjat, dengan biaya Rp.25.000 per orang. Setiap akhir minggu pengunjung juga terhibur oleh pertunjukan musik langsung, kebanyakan musik dangdut dan pop.



Puncak bukit kapur yang bisa diakses melalui lintasan tangga untuk mendapatkan posisi pandang ke seluruh lokasi Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng layaknya seekor burung, juga bisa menemukan kolam air panas kecil.





Warung makan sederhana berjejer sekitar pepohonan, dan terdapat pula restoran cukup nyaman di bagian tengah Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng. Pada pinggang bukit juga terdapat aula kecil tempat bermain dan beristirahat bagi anak-anak.



Di belakang area parkir Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng, dengan mendaki bukit, ternyata ada pemandian air panas terbuka dengan ukuran lebih kecil. Tiket masuk lebih murah, dan tanpa ketentuan waktu berendam sebagaimana berlaku di lokasi utama.



Previous
Next Post »
Thanks for your comment