Jalan- Jalan ke Gedung Astaka MTQ di Batam


Bila anda datang ke kota Batam, belum Pas rasanya kalau belum melihat langsung Gedung Astaka ini.
Arsitektur dan keindahan tata lampu jadi magnet bagi para pengunjung. Banyak warga yang datang untuk melihat atau ingin berpose di depan bangunan tersebut.

 

Astaka ini di gunakan untuk kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXV di Dataran Engku Putri Batam Centre, tepatnya di kawasan alun- alun Batam Center. Walaupun tergolong bangunan baru, setiap sore dan malam banyak pengunjung lokal dan dari daerah lain  yang datang ke tempat ini.



  Astaka ini di bangun menyerupai Masjidl Al Mukarrahmah Madinah dan dipadu dengan bangunan budaya khas melayu. untuk membangun astaka ini menghabiskan dana sekitar 9,1 milyar.


 
Astaka ini dibangun sebagai tempat pembukaan sekaligus penutupan MTQ tingkat nasional yang di adakan di kota Batam dan di buka oleh presiden Susilo Bambang Yudoyono.  Selain itu ada beberpa fasilitas pendukung yang akan dibangun seperti panggung dengan luas sekitar 900 meter persegi dan beberapa fasilitas lainnya.



Secara kesuluruhan , luas lahan yang digunakan sekitar 1700 meter persegi. Khusus untuk Astaka ini ada lima kubah, dengan memiliki sedikitnya delapan skat ruangan.




Untuk menuju ke sini sangatlah mudah, karena Gedung Astaka ini terletak di tengah- tengah jantung kota Batam. di sekitar sini juga terdapat gedung- gedung Pemerintahan kota Batam, DC mol, Hotel dan pelabuhan verry domestik.



 Gedung Astaka ini mempunyai 3 buah pintu gerbang yaitu Pintu Gerbang Barat, Pintu Gerbang Utara
 dan Gerbang Selatan. di setiap pintu gerbang terdapat 2 buah menara yang tingginya 27 meter, dan tempat ini sampai saat ini di buka untuk umum agar para pengunjung bisa melihat secara langsung.






























Previous
Next Post »
Thanks for your comment