Obyek Wisata Sejarah Di Makasar

Selain obyek wisata alam Kota Makasar juga mempunyai banyak obyek wisata sejarah yang sangat menarik untuk kita kunjungi. selain kita dapat pengetahuan tentang sejarah, kita juga bisa rilex sejenak sambil melihat keunikan- keunikan yang ada di obyek wisata sejarah ini. kali ini saya akan mencoba membahas tentang wisata sejarah di kota Makasar - Indonesia. berikut ini adalah beberapa obyek wisata sejarah di Makasar yang dapat anda kunjungi;


 1. BENTENG FORT ROTTERDAM 



Benteng Fort Rotterdam atau Benteng Ujung Pandang, merupakan  benteng peninggalan bersejarah Kerajaan Gowa-Tallo yang  terletak di sebelah barat Makassar, tepatnya di Jl. Ujung Pandang. Lokasinya sangat dekat sekali dengan pantai, hanya dipisahkan oleh jalan beraspal. Menurut buku catatan sejarah, benteng ini pertama kali didirikan pada tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-9.
Benteng ini memiliki bentuk yang unik. Jika kita perhatikan di maket yang terdapat di dalam benteng, bentuknya menyerupai kura-kura. Terdapat empat bastion utama yang seolah-olah menjadi kaki untuk sang kura-kura. Sedangkan pintu masuk utamanya terdapat di bagian kepala. Karena bentuknya itu lah orang Makassar sering menamainya Benteng Panyyua.
Tiap bastion di benteng ini dihubungkan oleh tembok kokoh yang pembangunannya disusun menggunakan batu padas yang diambil dari daerah Maros. Di sepanjang tembok ini terdapat jalur menyerupai parit yang digunakan oleh pasukan penjaga benteng untuk berlindung dan berpindah antarbastion. Pengunjung bisa menaiki dan menyusuri tembok ini untuk merasakan sensasi menjadi prajurit penjaga benteng.
Di beberapa tempat di dalam benteng, kita dapat juga menjumpai beberapa benda peninggalan sejarah seperti meriam canon. Selain itu, di dalam benteng Fort Rotterdam juga terdapat museum La Galigo yang mempunyai berbagai macam referensi sejarah kebesaran Gowa-Tallo (Makassar) dan beberapa daerah lain di Sulawesi Selatan.


2. MASJID AL MARKAZ  AL ISLAMI



 Masjid ini lokasinya berada di Jl. Masjid Raya Makassar dan merupakan sebuah pusat kajian dan pendidikan Agama Islam yang berada di kawasan Indonesia Timur. Masjid Al-Markaz Al-Islami pertama kali didirikan pada tahun 1994 atas prakarsa dari seorang Jenderal bernama M. Yusuf. Masjid yang megah ini dikonstruksi jadi tiga lantai. Bentuk dari arsitekturnya yang unik adalah gabungan antara arsitektur daro Arab, Gowa, dan juga Bugis-Makassar.
Masjid Al Markaz menjadi pusat pengembangan Islam terbesar dan termegah di Asia Tenggara. Ada 3 lantai yang mencakup ruang ibadah, kantor sekretariat, aula, perpustakaan, pendidikan, koperasi, dan kantor MUI Sulsel. Ya, masjid ini punya banyak peran mulai dari keagamaan, pendidikan, sosial budaya, hingga ekonomi.
Masjid Al Markaz adalah bentuk nyata perjuangan seorang mantan Panglima ABRI asli Makassar, almarhum Jenderal M Yusuf. Tokoh militer Indonesia sekaligus mantan Menteri Pertahanan dan Keamanan ini ingin mengembangkan peradaban Islam di Indonesia.


3. TAMAN PURBAKALA BATU PAKE



 Taman purbakala Batu Pake/ bukit Gojeng adalah sebuah taman prasejarah yang terdapat di desa Biringere, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Indonesia. Menurut para ahli sejarah, taman purbakala ini berumur ribuan tahun dimana dulunya merupakan tempat pelaksanaan ritual kerajaan. Struktur bebatuan yang ada di kawasannya yang dikenal dengan nama batu Pake’ nampak seperti sebuah meja besar yang dikelilingi tempat duduk dari batu. Batu Pake’ sendiri berasal dari bahasa Bugis yang artinya batu yang dipahat atau sarcophagus
Bagi masyarakat Sinjai, Bukit Gojeng tentu tidak asing lagi karena nilai budaya lokalnya yang masih lestari. Kunjungan wisatawan domestik di Bukit Gojeng ini tidak pernah surut sehingga menjadi salah satu objek wisata lokal yang tetap bertahan sehingga menjadi lokasi wisata andalan di kabupaten Sinjai.
Puncak Bukit Gojeng berada di ketinggian 125 meter di atas permukaan laut. Dari ketinggiannya, nampak jelas pemandangan hamparan rumah-rumah penduduk, kantor pemerintah, sekolah dan pasar sentral Kota Sinjai. Sejauh mata memandang, tampak juga deretan Pulau Sembilan di tengah laut, bentangan pohon bakau dan tumbuh-tumbuhan lainnya di wilayah Kecamatan Sinjai Timur tampak begitu subur dan sejuk di mata.
Di puncak bukit ini juga ditemukan kuburan batu dan benda cagar budaya seperti keramik dan fosil kayu yang diperkirakan berasal dari zaman Dinasti Ming.


4. BENTENG SOMBA OPU



Benteng Somba Opu dulunya selain berfungsi sebagai benteng juga merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Gowa. Di dalam benteng, kita masih dapat melihat bangunan-bangunan yang kemungkinan adalah peninggalan Kerajaan Gowa. Bahkan kini di dalam kompleks benteng sedang dikembangkan sebuah taman mini untuk Sulawesi Selatan. Jadi dengan mengunjungi benteng ini kita serasa telah mengunjungi seluruh Sulawesi Selatan.
Benteng ini berlokasi di Jalan Daeng Tata, kelurahan Benteng Somba Opu, Kabupaten Gowa. Kenyataan yang ada sekarang, Benteng Somba Opu hanya sisa reruntuhan dari kekokohan tembok pertahanannya. Ada beberapa bastion yang tersisa, salah satunya dinamakan Buluwara Agung. Dulu, di sisi bastion inilah terletak meriam hebat yang disebut Meriam Anak Makassar dimana beratnya hampir mencapai 10.000 kilogram.
Dari sisa sisa reruntuhan Benteng Somba Opu kini hanya terlihat beberap dinding yang masih berdiri tegak selain 3 bastion yang tersisa. Terdapat patok,  patok beton di beberapa tempat sebagai tanda terdapat dinding yang belum tergali di bawah tanah. Meskipun Belanda telah menhancurkan benteng ini setelah mengalahkan Sultan Hasanuddin. Selama ratusan tahun masih banyak sisa sisa benteng Somba Opu tertimbun dalam tanam karena kenaikan sedimen dari laut.
Hingga saat ini bentuk pasti dari benteng ini belum diketahui secara pasti, tetapi berdasarkan peta yang tersimpan di Museum Makassar bentuk benteng ini berbentuk segi empat. Secara arsitektual, benteng bersejarah ini memiliki luas 1,500ha berbentuk segi empat. Memanjang dari barat ketimur sejauh 2km, dengan ketinggian dinding antara 7-8 meter dan ketebalan dinding 12 kaki atau 3.6 meter. Kini ketinggian dinding yang terlihat hanya 2 meter.

Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
7 Agustus 2017 11.25 ×

Pengakuan tulus dari: FATIMAH TKI, kerja di Singapura

Saya mau mengucapkan terima ksih yg tidak terhingga, serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya kepada MBAH DEWA, saya sudah kerja sebagai TKI selama 5 tahun diMalaysia,dengan gaji lebih kurang 2.5jt/bln,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,apalagi setiap bulan harus mengirim ortu di jawa, sudah lama saya mengetahui roomnya mbah ini, juga sudah lama mendengar nama besar MBAH,tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu percaya dengan hal ghoib, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng yg mau menipu.tetapi kemarin waktu pengeluaran 8924 , saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan,angka yg diberi Mbah 8924 ternyata tembus, awalnya saya coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar diMalaysia, tidak ada ongkos pulang,terus beliau bantu kasih angka 4478 setelah saya bantu mahar yg dibutuhkan.mulanya saya tdk percaya,mana mungkin angka ini keluar, tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan Kemarin, ternyata tembuss….!!!
dapat BLT 250jt, sekali lagi terima kasih banyak MBAH DEWA, saya sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang aja ke sukabumi.buat mbah,saya tidak akan lupa bantuan& budi baik MBAH.
Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
YANG MAU SEPERTI SAYA HUB:MBAH DEWA DI:082 316 555 388
ATAU KUNJUNGI SITUS DIBAWAH INI

KLIK=>> BOCORAN TOGEL HARI INI

Yang punya room salam jackpot...










































































Kesaksian IBU Sri Rahayu Dari sukabumi

Ingin Berbagi Cerita. dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi
tapi semenjak saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis
saya sempat putusasah hampir bunuh diri.tapi untungnya saya buka internet dan menemukan nomor MBAH GEDE
saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasih solusi
awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari MBAH GEDE
alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya
sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI
terimah kasih MBAH GEDE,mau seperti saya Hub no.MBAH GEDE di:082 337 115 789
atau lebih jelasnya klik situs dibawah

klik=> PESUGIHAN PUTIH TAMPA TUMBAL








































wassalam

Selamat Pak Rahmat dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin
Thanks for your comment