Wisata Alam Grojogan Sewu Tawangmangu - Solo

Tawangmangu merupakan salah satu tempat wisat alam favorit di kota Solo/Surakarta. Tawangmangu menyimpan sejuta misteri  dan keindahan alam karena berada di sisi barat lereng Gunung Lawu atau Gunung Sewu.  Tawangmangu merupakan naman Kecamatan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Perlu dicatat, ini Karanganyar yang di Solo dan bukan Karanganyar Kebumen. Tawangmangu berada di ketinggian 1200 meter dpl sehingga udaranya sangat sejuk dan cocok untuk berwisata menghilangkan penat. Dengan cuca seperti itu, dataran tinggi Tawangmangu mirip seperti Gunung Tangkuban Perahu di Bandung.



Sejak jaman penjajah Belanda, Tawangmangu yang menjadikan Grojogan Sewu sebagai tempat Wisata unggulan, telah dikenal luas oleh masyarakat Solo. Tawangmangu berjarak 37 km di sebelah timur kota Solo/Surakarta. Bisa ditempuh dengan perjalanan darat selama 1-1.5jam. Jika dengan kendaraan umum, anda bisa menggunakan bis jurusan Tawangmangu dari terminal Tirtonadi. Dari terminal tawangmangu anda bisa memilih menggunakan angkutan lagi atau berjalan kaki menuju gerbang Grojogan Sewu. Perjalanan darat selama kurang lebih 1,5 jam dari terminal Solo sudah menjadi daya tarik tersendiri. Pemandangan indah areal persawahan di kiri dan kanan jalan siap menyapa begitu memasuki wilayah Karanganyar.



Grojogan Sewu merupakan obyek wisata favorit di Tawangmangu dan sudah menjadi ikon Tawangmangu. Berlibur di Tawangmangu tak lengkap jika hanya melihat Grojogan Sewu saja. Jika punyak banyak waktu luang, sempatkan singgah di penginapan dan nikmati keindahan dan kesejukan Tawangmangu. Melihat suasana perkebunan dan kehidupan masyarakat sekitar di suasan yang sejuk bisa menghilangkan kepenatan rutinitas kerja. Tawangmangu juga terkenal dengan produksi sayur dan buah-buahan segar. Sawah-sawah luas terbentang banyak yang ditanami sawi, wortel, lobak, strawberry, dan aneka hasil bumi lainnya.



Grojogan Sewu artinya Air Terjun Seribu. Air terjun ini terletak di hutan lindung seluas 20 hektar. Air terjun dari ketinggian 81 meter membuat Grojogan Sewu menjadi pemandangan eksotis dan indah. Untuk menambah daya tarik Grojogan Sewu, pihak pengelola juga membuat fasilitas wisata penunjang dan cocok untuk acara santai atau petualanan. Di sekitar Grojogaj Sewu anda bisa menemukan flyinf fox, arung jeram (rafting) mini,  playground, outbond, arena pancing, taman lalu lintas, dan kereta pohon.

 

Perlu dingat, Hutan Lindung dan Grojogan Sewu adalah kerajaan kera. Banyak kera liar berkeliaran di pepohonan hutan lindung Tawangmangu. Tak jarang kera-kera itu berbuat jahil kepada pengunjung dengan merebuat makanan, topi, bahkan hp anda.



Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
18 Agustus 2014 01.21 ×

Jalan jalan ke Solo memang menyenangkan, lebih menyenangkan lagi jika sewa mobil di solo , kita bisa ke tempat wisata manapun yang kita mau

Selamat mr. Andi dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin
Thanks for your comment