Obyek Wisata Alam Pantai Drini

Pantai Drini adalah salah satu obyek wisata yang terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari,Gunung Kidul,Yogyakarta. Letaknya di sebelah timur pantai Baron dan berjarak sekitar 1 km ke arah timur Pantai Sepanjang.Namun jarak sebenarnya yang harus ditempuh untuk sampai ke pantai ini sejauh 60 km atau sekitar 2-3 jam dari kota Yogyakarta. Infrastruktur menuju ke Pantai Drini cukup mulus, walaupun jalan masuk untuk sampai ke pantai ini cukup terjal dan berkelok-kelok.



Pantai drini merupakan pantai yang langsung berhadapan dengan Samudra Hindia.Pantai ini memiliki lereng pantai yang cukup curam sekitar 10 derajat dan merupakan bagian dari Wonosari yang didominasi oleh batuan karst dari Gunung Sewu. Pantai ini belum banyak terjamah oleh wisatawan lokal maupun asing, karena letaknya yang berada di daerah terpencil.



Sehingga, Pantai Drini ini dikenal dengan nama Pantai Perawan.Sebutan ini digunakan oleh masyarakat setempat karena kondisi pantai drini yang masih bersih, udara yang sejuk, air yang terasa dingin ditambah dengan hamparan pasir putih yang mempesona dan aliran airnya yang tidak seganas pantai Parangtritis. Pantai ini memiliki sebuah tebing besar yang berada di tengah-tengah pantai dan membagi pantai ini menjadi dua sisi, yaitu sisi barat dan sisi timur.



Tebing ini terlihat begitu indah sehingga membuatnya seolah-olah seperti pulau kecil yang terapung di tengah pantai.Di atas karang ini dibangun mercusuar dimana dari menaranya mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan yang luar biasa indahnya.. Di pantai ini pengunjung juga dapat melihat dengan jelas rumput-rumput laut di antara karang-karang laut dan biota laut lainnya.



Nama drini ini dikabarkan berasal dari tumbuhan Pemphis aciduia  atau masyarakat di sini biasa menyebutnya drini. Dulu, di tempat in ditumbuhi banyak pepohonan drini yang konon kayunya dapat dimanfaatkan sebagai penangkal racun ular berbisa Itulah mengapa pantai dan pulau ini diberi nama Drini.



Previous
Next Post »
Thanks for your comment