Arung Jeram Sungai Serayu- Banjarnegara

Arus sungai deras berlatarkan Gunung Slamet adalah pemandangan indah sekaligus menantang bagi Anda penyuka atraksi arung jeram di Sungai Serayu.Selain deras air, jalur yang berkelok-kelokdiselingi bebatuan adalah tantangan seru arung jeram yang berlokasi di sungai yang berlokasi di Desa Tunggoro, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Untuk mencapainya tidak lah sulit mengingat lokasinya yang berada di pinggir jalan raya yang menghubungkan Kota Wonosobo dan Banjarnegara.



Sungai Serayu berhulu di Dataran Tinggi Dieng dan berada pada ketinggian 500 m dpl. Sungai sepanjang sekira 30 km ini melintasi lima kabupaten sebelum bermuara di Samudera Hindia. Kelima kabupaten yang dimaksud adalah:Wonosobo, Purbalingga, Banjarnegara, Banyumas, dan Cilacap.
Tahun 1997, Sungai Serayu pernah menjadi tempat lomba arung jeram tingkat nasional. Inilah awal mula sungai dengan medan yang unik dan menantang tersebut dikenal luas. Sungai Serayu adalah salah satu objek wisata minat khusus (arung jeram) andalan dan layak dipertimbangkan bagi Anda yang gemar olahraga menantang.



Dengan lebar sungai sekira 12-25 m, arung jeram di Sungai Serayu masuk dalam kategorigrade III–IV.Tantangan dan keseruan yang ditawarkan sungai inipun dilengkapi pemandangan alam yang mengagumkan di kiri-kanan sungai. Hal menjadi nilai tambah dan keunikan sungai ini adalah debit airnya tidak terpengaruh musim hujan. Jadi Sungai Serayu dapat menjadi wahana arung jeram sepanjang tahun.



Terdapat jasa operator arung jeram di area Sungai Serayu yang melayani paket-paket kegiatan seru tersebut. Biaya per paket biasanya sudah termasuk sewa peralatan arung jeram komplit, seperti perahu karet, jaket pelampung, jasa guide, konsumsi, dan asuransi. Selain arung jeram, operator tersebut biasanya menyediakan pula paket wisata lainnya, seperti outbound training, paint ball game, dan arena kemping. Warung makan dan penginapan di rumah penduduk juga dapat ditemukan di sana sebagai akomodasi penunjang sebagai salah satu destinasi wisata alam minat khusus di Jawa Tengah.



Selain menjadi lokasi arung jeram, Sungai Serayu juga memiliki daya tarik wisata lainnya. Beberapa kegiatan atau atraksi budaya dapat dinikmati pada waktu-waktu tertentu, misalnya Grebeg Suro dan Festival Serayu. Baca selengkapnya di “Kegiatan”.
Sungai Serayu merupakan urat nadi kehidupan masyarakat di kelima kabupaten yang dilaluinya, yaitu Wonosobo, Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, dan Cilacap. Kualitas air Sungai Serayu tergolong baik, sehat, dan bersih.  Hal ini berarti bahwa sungai yang luasnya sekira 360,639 ha itu cukup baik dan aman sebagai bahan baku air minum dan untuk mengairi lahan pertanian.



Previous
Next Post »
Thanks for your comment